Seratusan Buruh Geruduk PT Bencolen Carbon Coal


Senin, 14 September 2020 - 14:38:54 WIB
Seratusan Buruh Geruduk  PT Bencolen Carbon Coal Ilustrasi. CentralNews

HARIANHALUAN.COM- Aksi unjuk rasa dilakukan seratusan karyawan lepas stockpile PT Bencolen Carbon Coal (BCC) di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu, Senin (14/9/2020).

Mereka  mendatangi area penumpukan batu bara guna menuntut pembayaran gaji yang belum dibayar perusahaan selama berbulan-bulan.

Salah seorang pekerja lepas, Miswati mengatakan, ia sudah 40 hari tidak digaji dengan kesepakatan awal pihak perusahaan bakal dibayar setiap minggunya dengan besaran Rp70 ribu per hari.

"Kami masih menunggu itikad baik pemimpin PT BCC untuk membayar namun tidak ada juga proses pembayaran," katanya.

Selanjutnya, buruh perempuan masih menunggu proses penjualan batu bara yang tersisa karena para pekerja berwenang untuk menjualkan batu bara yang ada di stockpile.
 
Seratusan buruh datangi stockpile PT BCC Bengkulu tuntut gaji. (Foto Antarabengkulu.com/Bisri Mustofa)

Ia mengaku, selama dua tahun lebih bekerja di perusaahan ini selalu mengalami keterlambatan gaji, bahkan sebagian besar dari 130 pekerja hanya dibayar separuh dari besaran yang tercatat.

Para pekerja mengindikasikan pihak perusahaan tidak mau melunasi gaji yang belum dibayarkan tersebut.

Kordinator aksi tuntut gaji buruh, Novita mengatakan pihaknya akan menyegel stockpile itu hingga para pekerja mendapatkan gaji yang belum dibayarkan.

"Tadi sudah ditemui oleh administrator perusahaan PT BCC janji bakal membayarkan setelah salah satu unit stockpile laku dijual, dan uangnya akan dibagikan kepada kami," kata Novita.

Hal ini, katanya, selalu terjadi sehingga membuat para pekerja memutuskan untuk tidak melanjutkan kembali bekerja di perusahaan tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 17:38:17 WIB

    Seratusan Bidan di Pasaman Tak Digaji Selama 8 Bulan

    Seratusan Bidan di Pasaman Tak Digaji Selama 8 Bulan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 116 bidan kontrak di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mengeluhkan gaji mereka. Selama delapan bulan sejak diangkat sebagai tenaga kerja kontrak, para bidan ini belum menerima gaji..
  • Senin, 21 Mei 2018 - 15:25:19 WIB

    Seratusan Warga Mengungsi, Banjir Landa Agam dan Bukittinggi

    Seratusan Warga Mengungsi, Banjir Landa Agam dan Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Untuk kesekian kalinya, Bukittinggi kembali dilanda banjir saat hujan deras mengguyur sejak Sabtu hingga Minggu (20/5) kemarin. Akibatnya, seratusan warga warga harus diungsikan dari rumahny.
  • Jumat, 04 Mei 2018 - 11:02:03 WIB

    Rayakan Kelulusan, Seratusan Pelajar di Padang Ditertibkan Polisi

    Rayakan Kelulusan, Seratusan Pelajar di Padang Ditertibkan Polisi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Seratusan siswa SMA dan SMK yang merayakan kelulusannya terpaksa ditertibkan petugas kepolisian, Kamis (3/5). Perayaan yang mereka lakukan dianggap sudah di luar batas. Ugal-ugalan dengan motor, h.
  • Jumat, 22 September 2017 - 09:25:44 WIB

    Seratusan Debitur Tertipu Developer Bodong

    Seratusan Debitur Tertipu Developer Bodong PADANG,  HARIANHALUAN.COM – Kesal karena rumah yang dijanjikan tidak kunjung di dibangun, puluhan warga melaporkan developer PT Grafika Mandika ke Polresta Padang, Rabu (20/9) pagi. Warga sebelumnya sudah menyetor belasan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]