KPU Sumbar Gelar Pleno Keabsahan Berkas, 4 Bapaslon Diminta untuk Melengkapi


Senin, 14 September 2020 - 16:31:10 WIB
KPU Sumbar Gelar Pleno Keabsahan Berkas, 4 Bapaslon Diminta untuk Melengkapi KPU Sumbar Gelar Pleno Keabsahan Berkas

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat melaksanakan pleno tahapan pemeriksaan hasil penelitian keabsahan dokumen bakal pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur 2020. Tahapan itu dilaksanakan di aula gedung penyelenggara, Senin (14/9/2020).

Pleno penelitian keabsahan berkas dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB, sesuai dengan standar protokol kesehatan covid-19. Pleno dihadiri oleh bakal calon, seperti pasangan Mukyadi-Ali Mukhni dan Genius Umar dan parpol pengusung serta LO.

"Masa perbaikan berkas ditentukan sampai pada 16 September 2020 mendatang, sesuai dengan waktu yang diatur dalam tahapan pilkada," ujar Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, didampingi Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Izwaryani, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Nova Indra, dan Divisisi sosialisasi, pendidikan pemilih, pertisispasi masyarakat dan SDM Gebril Daulai.

Untuk selanjutnya, kata dia, berbaikan berkas akan diverifikasi pada 22 September dan ditetapkan pada 23 September, mana yang lolos dan bisa ikut pencabutan nomor urut pada 24 September 2020.

"Jika Sampai masa akhir perbaikan, berkas para balon tidak juga lengkap, maka pada tanggal 23 September 2020, akan diberitahukan pada publik melalui sidang pleno terbuka, untuk tidak bisa ikut kontestasi pilkada," tegasnya.

Kemudian Ketua Divisi Tehnis penyelenggaraan Izwaryani mengatakan, bahwa keseluruhan berkas pencalonan bakal calon harus meperbaiki, sesuai ketetapan dari pengadilan niaga Medan.

"Berdasarkan hasil pleno, balon diminta untuk melengkapi berkas yang kurang. Sedangkan menyangkut ijazah, semua bakal calon tidak ada permasalahan, karena sudah sesuai aturan berdasarkan hasil keputusan dan penelitian Pokja KPU Sumbar," terang Irwaryani.

Selain keempat paslon, kata dia, semua Cakada kabupaten dan kota juga melakukan perbaikan berkas pencalonan, setelah sebelumnya melakukan tes kesehatan, diluar 6 orang calon karena terkonfirmasi positif, dan mereka akan kembali diperiksa kesehatannya setelah dinyatakan negatif.

"Walaupun mereka yang terkomfirmasi positif Covid-19, namun proses lain termasuk pemeriksaan berkas calon tetap dilaksanakan dan pemeriksaan kesehatan para balon tersebut setelah dinyatakan negatif Covid-19," tandasnya. (*)
 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]