Sudah Selamatkan Uang Negara, KPK Ingin Anggaran Rp1,8 Triliun di 2021


Senin, 14 September 2020 - 20:21:34 WIB
Sudah Selamatkan Uang Negara, KPK Ingin Anggaran Rp1,8 Triliun di 2021 ilustrasi KPK

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan penambahan anggaran dari Rp1,05 triliun menjadi Rp1,8 triliun kepada Komisi III DPR, dalam rapat pembahasan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2021. Ketua KPK Firli Bahuri berujar pihaknya telah menyelamatkan uang negara Rp10,4 triliun dalam enam bulan terakhir. 

Selain itu, KPK meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp80,1 triliun di kurun waktu yang sama. "Artinya dalam enam bulan KPK menghasilkan Rp90,5 triliun. Ya jadi kalau kami minta hanya Rp1,8 triliun kelihatan impas lah," kata Firli dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Firli menyampaikan pagu anggaran indikatif untuk KPK saat ini mencapai Rp1,05 triliun. Mereka mengajukan tambahan Rp825 miliar untuk berbagai kebutuhan di 2021. Salah satu program yang akan digencarkan KPK lewat tambahan anggaran itu adalah penyuluh antikorupsi. "KPK saat ini punya 827 penyuluh antikorupsi dan 28 ahli pembangun integritas," ucap Firli.

"Nanti kurang lebih Rp825 miliar dan itu akan kami gunakan untuk membangun budaya antikorupsi dengan memperbanyak penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas," ujarnya.

Firli menyampaikan, KPK dibawah kepemimpinannya mengutamakan pencegahan dibanding penegakan hukum. Target mereka adalah menyelamatkan uang negara sebanyak-banyaknya. "Pemberantasan korupsi tidak hanya dilihat dari berapa orang banyak ditangkap, tapi berapa banyak uang yang kita selamatkan," tuturnya.

Selama tiga tahun terakhir, anggaran untuk KPK tak pernah menembus Rp1 triliun. Pada 2018, mereka mendapat jatah Rp813,5 miliar. Sementara untuk 2019, KPK memperoleh Rp922,6 miliar. (*)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 10:59:01 WIB

    Pemprov DKI Sudah Tutup 37 Perusahaan Sejak PSBB Ketat

    Pemprov DKI Sudah Tutup 37 Perusahaan Sejak PSBB Ketat HARIANHALUAN.COM - Jumlah perusahaan yang ditutup oleh Pemprov DKI selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat bertambah. Per hari ini, total ada 37 perusahaan ditutup sementara oleh Pemprov DKI..
  • Kamis, 17 September 2020 - 15:23:10 WIB

    Mantap! Sudah Ada 2,8 Juta Data Calon Penerima Subsidi Upah Tahap IV

    Mantap! Sudah Ada 2,8 Juta Data Calon Penerima Subsidi Upah Tahap IV HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima 2,8 juta data calon penerima subsidi upah tahap IV dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan melakukan pemeriksaan ulang data tersebut..
  • Selasa, 15 September 2020 - 14:35:39 WIB

    Erick Thohir Sebut Kimia Farma Sudah Produksi Avigan, Tidak Lagi Impor!

    Erick Thohir Sebut Kimia Farma Sudah Produksi Avigan, Tidak Lagi Impor! HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) telah mampu melakukan produksi favipiravir dengan merek jual Avigan di dalam negeri. Obat ini merupakan salah satu .
  • Senin, 14 September 2020 - 22:31:00 WIB

    Wah! Di Daerah Ini Harga Pertalite Sudah Setara Premium 

    Wah! Di Daerah Ini Harga Pertalite Sudah Setara Premium  HARIANHALUAN.COM - Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite turun menjadi Rp6.450 per liter. Harga ini setara dengan BBM jenis Premium. Tetapi, harga ini hanya berlaku di wilayah Tangerang Selatan setelah PT Pertamina (.
  • Senin, 14 September 2020 - 07:18:55 WIB

    Bantuan Subsidi Upah Tahap I dan II Sudah Ditransfer ke 5,5 Juta Penerima

    Bantuan Subsidi Upah Tahap I dan II Sudah Ditransfer ke 5,5 Juta Penerima HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan terus mempercepat proses pencairan subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh yang bergaji di bawah Rp5 juta. Subsidi ini merupakan salah satu bantuan dari pemerintah bagi pekerja/buru.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]