Dua Guru di Mentawai Terkonfirmasi Positif Covid-19


Senin, 14 September 2020 - 21:17:19 WIB
Dua Guru di Mentawai Terkonfirmasi Positif Covid-19 Jubir Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar, Senin (14/9/2020) melalui konferensi pers di aula Sekretariat Daerah Mentawai.

HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Senin (14/9/2020), Mentawai kembali mencatat penambahan dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dua kasus tersebut diketahui merupakan rekan guru SD di wilayah Kecamatan Sikakap. Hal tersebut disampaikan Jubir Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar, Senin (14/9/2020) melalui konferensi pers di aula Sekretariat Daerah Mentawai. 

Dua rekan guru tersebut mengajar di sekolah dasar yang berbeda. Seorang ibu guru dengan kode pasien 12097.I, berusia 37 Tahun, warga Dusun Sibaibai, Desa Sikakap, mengajar di SDN 15 HVA, tidak ada riwayat melakukan perjalanan sebelumnya, namun yang bersangkutan merupakan hasil Tracing dari kasus positif sebelumnya (kode pasien 10620.I).

"Salah seorang murid guru ini sempat disinggahi oleh pasien 10620.I (klaster Depot air minum di Tuapejat) pada 9 September dilakukan pengambilan swab test dan 14 September Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK-Unand mengeluarkan surat dengan Nomor: 742/09/PDRPI-FK/2020 dengan hasil positif," paparnya.

Yang bersangkutan diketahui memiliki seorang bayi laki-laki berusia 4 tahun dan saat ini menjalani isolasi mandiri sementara di rumahnya bersama dua anaknya yang lain, seorang perempuan (15) dan seorang lagi laki-laki (18) serta suami yang diduga kontak erat dengan pasien.

Sementara itu, seorang guru lagi yang juga terkonfirmasi positif Covid-19 memiliki usia 56 tahun, warga Dusun HVA dan mengajar di SDN 26 Filial Trans Taikako, Kecamatan Sikakap, dua minggu sebelumnya datang dari Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. 

"Kemudian pada 8 September mengeluhkan pilek dan berobat ke Puskesmas Sikakap, namun karena dicurigai, pada 9 September dilakukan pengambilan swab test dan pada 14 September keluar surat dengan Nomor: 742/09/PDRPI-FK/2020 dengan hasil positif," paparnya.

Yang bersangkutan saat ini menjalani isolasi di ruangan khusus di Puskesmas Sikakap, sementara diduga terdapat tiga orang yang kontak erat dengan pasien (kode 12098.I) antara lain suami pasien usia 60 tahun dan dua orang anak laki-laki pasien masing-masing berusia 25 dan 17 tahun.

Selain dua guru, pada Minggu (13/9/2020), tim gugus tugas setempat melaporkan satu penambahan kasus positif Covid-19 terhadap salah seorang anggota Kodim 0319 Mentawai dengan usia 50 tahun yang diketahui melakukan perjalan ke Bandung. Pasien dengan kode 12057.I merupakan anggota TNI, warga Desa Bukit Pamewah, Kecamatan Sipora Utara. 

Pada 26 Agustus yang bersangkutan berangkat dari Mentawai menuju Padang menggunakan kapal Mentawai Fast, selanjutnya pada 29 Agustus pergi ke Bandung dan 6 September kembali ke Padang. Yang bersangkutan sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) langsung melakukan swab test, selanjutnya pada 7 September, dia merasa demam dan memeriksakan diri ke RST Reksodiwirjo Padang sekaligus di swab test dan langsung dirawat. 

"Pada 9 September hasil swab test di BIM keluar negatif, kemudian pada 11 September hasil swab test dari RST Reksodiwirjo keluar hasilnya positif, " paparnya. 

Untuk sementara, kata Lahmuddin, pasien diduga tertular saat melakukan perjalanan ke Bandung dan saat ini pasien menjalani isolasi di RST Reksodiwirjo Padang. Hingga saat ini, telah tercatat 29 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan 8 diantaranya dinyatakan sembuh. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]