Deretan Sanksi Bagi Warga yang Melanggar Perda AKB Sumbar, Kerja Sosial hingga Denda Rp500 Ribu


Selasa, 15 September 2020 - 12:02:42 WIB
Deretan Sanksi Bagi Warga yang Melanggar Perda AKB Sumbar, Kerja Sosial hingga Denda Rp500 Ribu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat membagikan masker ke masyarakat. Dok Humas Pemprov

HARIANHALUAN.COM - Pemprov Sumbar mulai mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Saat ini, Perda tentang AKB tersebut masih menunggu evaluasi dan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Kendati demikian, Pemprov Sumbar terus gencar melakukan sosialisasi. Jika sudah disetujui Mendagri, maka Perda langsung diterapkan.

Dalam aturan itu, bagi yang masyarakat yang tidak menggunakan masker akan dihukum sanksi sosial. Seperti, kerja sosial dengan membersihkan fasilitas umum, dan denda administratif sebesar Rp100.000.

Sementara, orang yang berdasarkan hasil pelacakan mempunyai kontak erat dengan atau terkomfirmasi positif tidak menerapkan karantina atau isolasi mandiri dikenakan Rp500.000.

Sanksi pidana pun berlaku bagi setiap orang yang tidak menggunakan masker diluar rumah berupa pidana kurungan paling lama 2 (dua) atau denda paling banyak Rp250.000.
Tindak pidana ini dikenakan apabila sanksi administrasi yang telah dijatuhkan tidak dipatuhi atau pelanggaran dilakukan lebih dari 1 (satu) kali.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan Perda tentang AKB sudah ketuk palu atau disahkan oleh DPRD Sumbar pada Jumat (11/9/2020) lalu.

Dalam Perda ini, ada sanksi sosial, denda, dan kurungan bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker atau tidak mematuhi protokol kesehatan. Sebelum diterapkan, Pemprov Sumbar akan menyosialisasikan Perda ini selama seminggu, sebagaimana yang diamanatkan oleh Perda tersebut.

"Kita menyampaikan pesan ke masyarakat agar keluar rumah memakai masker dan sekaligus sosialisasi ada Perda kurungan dan administrasi dan denda bagi yang melanggar," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]