Kredit Macet, Emiten Perbankan Alami Kenaikan NPL


Selasa, 15 September 2020 - 12:10:23 WIB
Kredit Macet, Emiten Perbankan Alami Kenaikan NPL Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Non performing loan (NPL) adalah perbandingan kredit yang tidak dapat dikembalikan oleh debitur alias kredit macet, dengan total kredit yang disalurkan bank ke masyarakat.

Semakin kecil NPL, semakin baik kualitas dari kredit yang diberikan bank. Ada empat bank BUKU IV yang memiliki NPL berada di bawah NPL rata-rata tujuh emiten bank yang dijadikan sampel riset, yaitu Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Panin.

Mayoritas bank BUKU IV pada Q2 2020 ini menunjukan kenaikan NPL Gross, yang dapat diartikan bahwa kredit yang tidak dapat dikembalikan oleh debitur meningkat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Selasa (15/9/2020), riset data Lifepal.co.id menganalisis pergerakan saham emiten perbankan BUKU IV yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia sejak selama minimal 5 tahun terakhir. Bank BUKU IV sendiri adalah bank yang memiliki modal inti di atas Rp 30 triliun.

Lifepal juga membandingkan pertumbuhan laba komprehensif serta data non performing loan (NPL) dari laporan keuangan masing-masing emiten tersebut dalam lima tahun terakhir, yakni sejak tahun 2015 hingga triwulan II tahun 2020. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]