Perda AKB Sumbar Disahkan, Begini Sistem Kerja dan Sanksi Bagi ASN


Selasa, 15 September 2020 - 12:28:06 WIB
Perda AKB Sumbar Disahkan, Begini Sistem Kerja dan Sanksi Bagi ASN Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Aturan pemberian sanksi hukum atau denda bagi Pimpinan Perangkat Daerah/Lembaga/Instansi pemerintahan dan Pemerintah Kabupaten/Kota terkait Peraturan Daerah (Perda) tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Sumbar yang melanggar protokol kesehatan di provinsi itu telah dirumuskan.

Sanksi itu berupa sanksi administratif, diantaranya teguran lisan, teguran tertulis, dan sanksi kepegawaian lainnya berdasarkan ketentuan peraturan.

Adapun kewajiban yang harus dipatuhi adalah, pertama, pelayanan publik meliputi optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi, percepatan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Peningkatan keamanan siber pada fasilitas pelayanan publik milik Pemerintah Daerah, enyesuaian pelayanan pada masyarakat, dan sosialiasi penyesuaian penyelenggaraan pelayanan.

Kedua, pola kerja ASN pada Pemda. ASN harus melakukan pencegahan penyebaran wabah di kantor atau tempat kerja (protokol kesehatan, pencegahan penyebaran wabah di kantor/tempat kerja).

Begitu juga dengan penyesuaian sistem kerja (ketentuan masuk kerja dan jam kerja, pelaksanaan tugas kedinasan di kantor, di rumah, penyelenggaraan kegiatan perjalanan dinas).
Selain itu, melakukan manajemen sumber daya manusia (penilaian kinerja, pemantauan dan pengawasan dan disiplin pegawai), dan dukungan infrastruktur (penyediaan sarana prasarana, penerapan teknologi informasi, penyesuaian.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, sosialisasi dilakukan setelah Perda AKB disahkan DPRD Sumbar, Jumat lalu yang memuat sanksi administratif dan sanksi pidana bagi mereka yang tidak ikut protokol kesehatan.

“Waktu sosialisasi dilakukan selama seminggu. Setelah itu akan dibentuk tim razia antara Satpol-PP, TNI, dan Polri,” kata Irwan.

Irwan berharap masyarakat memahami perda tersebut dan mau mematuhinya untuk memutus penyebaran covid-19. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 September 2020 - 21:38:19 WIB

    Perda AKB Sumbar Segera Diberlakukan Usai Dapat Persetujuan Mendagri

    Perda AKB Sumbar Segera Diberlakukan Usai Dapat Persetujuan Mendagri HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akhirnya menyetujui Peraturan Daerah (Perda) Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang disahkan DPRD setempat 11 September lalu. Dalam rilisnya, Rabu (29/9/2020), Gub.
  • Rabu, 30 September 2020 - 10:10:59 WIB

    DPRD Mentawai Ajak Masyarakat Pahami Perda AKB

    DPRD Mentawai Ajak Masyarakat Pahami Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi III DPRD Mentawai, Syafridin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memahami dan mematuhi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang disosiali.
  • Senin, 28 September 2020 - 13:47:00 WIB

    Perda AKB di Sumbar Sudah Ada Nomor Registrasi, Sanksi Menunggu Pelanggar

    Perda AKB di Sumbar Sudah Ada Nomor Registrasi, Sanksi Menunggu Pelanggar HARIANHALUAN.COM - Kementerian Dalam Negeri melalui surat edarannya memberikan nomor registrasi terhadap Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Sumbar. Surat edaran tersebut dikeluarkan.
  • Ahad, 20 September 2020 - 13:05:34 WIB

    DPRD Kota Pariaman Setujui Ranperda APBD P 2020

    DPRD Kota Pariaman Setujui Ranperda APBD P 2020 HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Pariaman menyetujui dan menerima Ranperda APBD Perubahan Tahun 2020 untuk ditetapkan dan dijadikan Perda (Peraturan Daerah). Hal tersebut setelah DPRD Kota Pariaman menggelar rapat Paripurna stemo.
  • Kamis, 17 September 2020 - 17:25:40 WIB

    Sosialisasi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru harus Sampai ke Pelosok Nagari

    Sosialisasi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru harus Sampai ke Pelosok Nagari HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah daerah terhadap peningkatan kehidupan masyarakat Sumatera Barat secara keselur.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]