Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah


Selasa, 15 September 2020 - 13:07:27 WIB
Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Keberadaan tempat tinggal atau hunian sejatinya merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun harga properti yang cukup mahal dan terus naik dari tahun ke tahun, menyulitkan beberapa kalangan masyarakat untuk membeli rumah.

Dalam keterangan tertuli tang diterima Harianhaluan.com, Selasa (15/9/2020), riset Lifepal.co.id terhadap data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, jumlah penduduk yang tak memiliki rumah akan bertambah banyak.

Pasalnya, meskipun secara rata-rata persentase kenaikan gaji pegawai tiap tahunnya lebih tinggi dari persentase kenaikan harga rumah, nilai rumah tentunya berkali-kali lipat ketimbang gaji bulanan pegawai.  

Menurut data yang dipublikasikan BPS tahun 2019, permintaan akan properti paling banyak datang dari penduduk kelas menengah ke atas. Hal itu tampak dari kesiapan penduduk berpendidikan tinggi maupun dengan status ekonomi sejahtera dalam menabung.

Harga rumah memang tinggi dan akan terus naik. Di era pandemi pun, harga rumah tetap mengalami kenaikan, dan hal itu tercermin dari pergerakan Indeks Harga Properti (IHPR) yang dirilis Bank Indonesia (BI).

Terhitung sejak tahun 2017 hingga 2020, kenaikan upah gaji bersih pegawai di Indonesia secara rata-rata mencapai 4,53%. Sementara itu, kenaikan IHPR juga terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya dengan rata-rata nilai 3,22%.

Fakta ini menunjukkan bahwa, meski gaji seorang pegawai mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, harga rumah juga mengalami hal yang sama. Lebih lanjut, patut diketahui bahwa harga dasar sebuah rumah bisa mencapai 100 atau bahkan 1.000 kali lipat dari gaji bulanan seorang pegawai.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mungkin bisa menjadi solusi untuk mendapatkan rumah. Namun bukan berarti pula, bahwa berapapun penghasilan seseorang, menjadikan orang tersebut layak untuk mencicil rumah dengan jalan KPR.

Maka, untuk mengetahui berbagai hal mengenai KPR dan siapa saja sebenarnya yang dapat dinilai layak untuk mengajukan KPR. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 06:47:37 WIB

    Pemerintah Berharap Penerima Subsidi Gaji Belanjakan Produk UMKM

    Pemerintah Berharap Penerima Subsidi Gaji Belanjakan Produk UMKM HARIANHALUAN.COM - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap subsidi gaji/upah (BSU) yang diterima pekerja dipergunakan untuk belanja produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jika para pekerja membeli produk.
  • Senin, 07 September 2020 - 13:53:54 WIB

    Viral di Medsos, Staf Ahli Direksi BUMN Digaji Rp 50 Juta/Bulan

    Viral di Medsos, Staf Ahli Direksi BUMN Digaji Rp 50 Juta/Bulan HARIANHALUAN.COM - Surat Edaran bernomor SE-9/MBU/08/2020 tentang Staf Ahli Bagi Direksi Badan Usaha Milik Negara menjadi viral di media sosial. Dokumen tersebut  diunggah oleh Muhammad Said Didu melalui akun Twitternya @msa.
  • Senin, 07 September 2020 - 13:06:02 WIB

    Kabar Gembira, BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Akan Ada Hingga 2021

    Kabar Gembira, BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Akan Ada Hingga 2021 HARIANHALUAN.COM - Kasus corona belum usai, begitu juga dengan dampaknya, terutama di bidang ekonomi. Mengingat hal itu, pemerintah berencana akan melanjutkan kembali program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun depan. Sala.
  • Ahad, 06 September 2020 - 08:59:36 WIB

    6 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Dunia, Tertarik Menjajalnya?

    6 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Dunia, Tertarik Menjajalnya? HARIANHALUAN.COM - Memiliki pekerjaan dengan gaji besar merupakan impian setiap orang. Pasalnya, bayaran yang tinggi bisa memenuhi kebutuhan seseorang dengan baik. .
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 12:34:48 WIB

    Buruan Cek, Hari Ini Subsidi Gaji Karyawan Langsung Ditransfer

    Buruan Cek, Hari Ini Subsidi Gaji Karyawan Langsung Ditransfer HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Kamis (27/8) pencairan bantuan subsidi kepada pekerja dengan gaji kurang dari Rp5 juta per bulan mulai dilakukan. Namun, pencairan akan dilakukan bertahap karena validasi data penerima belum selur.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]