Beredar Kabar Saudi Izinkan Umroh Lagi, Ini Penjelasan KJRI Jeddah


Selasa, 15 September 2020 - 14:27:31 WIB
Beredar Kabar Saudi Izinkan Umroh Lagi, Ini Penjelasan KJRI Jeddah Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan hingga sekarang belum ada pengumuman resmi waktu pelaksanaan dibukanya kembali umroh. Hal ini menjawab soal beredarnya kabar pembukaan kembali pelaksanaan umroh dan penerbangan internasional berapa hari lalu.

"Terkait umroh belum ada pengumuman resmi. Pernyataan Mendagri Saudi menegaskan bahwa rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umroh akan diumumkan secara bertahap, dan akan diputuskan kemudian berdasarkan perkembangan pandemik," kata Endang dalam rilis yang diterima detikcom pada Selasa (15/9/2020).

Endang mengatakan hingga sekarang mereka selalu memperbarui keputusan pemerintah Arab Saudi tentang umroh. Termasuk klarifikasi pengumuman pembukaan umroh yang dilakukan secara bertahap. Ketentuan tersebut akan diterapkan untuk warga lokal lebih dulu atau semua umat Islam.

Menurut Endang, keterangan pemerintah Saudi cenderung menjelaskan pembukaan izin penerbangan dan pelabuhan setelah 1 Januari 2021. Penetapan dan pencabutan izin akan diperbarui lagi pada 30 hari menjelang 1 Januari 2021. Jika diperlukan, pemerintah Saudi bisa mengajukan syarat kesehatan preventif untuk penumpang dan transportasi.

Syarat kesehatan berlaku dalam perjalanan, di bandara, pelabuhan, dan stasiun. Sebelumnya, Saudi membolehkan beberapa kategori masyarakat melakukan perjalanan dengan mematuhi persyaratan kesehatan. Kategori tersebut antara lain pegawai negeri sipil dan militer yang mendapat tugas resmi, pegawai pada perwakilan diplomatik, konsulat, atase, lembaga publik, swasta.

Masih terkait umroh, Kemenag sedang menyusun protokol kesehatan umroh 2020 untuk mencegah penyebaran COVID-19. Penyusunan protokol bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19.

Menurut Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Arfi Hatim, pihaknya akan melakukan pertemuan untuk melakukan pembahasan yang lebih intensif. Jika protokolnya sudah ada, pemerintah akan mempercepat penerbitannya sehingga bisa menjadi rujukan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Juli 2020 - 09:48:08 WIB

    Beredar Kabar Munculnya Virus Baru Bernama SFTS, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya

    Beredar Kabar Munculnya Virus Baru Bernama SFTS, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya HARIANHALUAN.COM - Warga net dihebohkan dengan munculnya narasi yang menyebutkan kemunculan virus baru bernama virus SFTS. Virus tersebut diklaim berasal dari China..
  • Senin, 27 Mei 2019 - 20:20:17 WIB

    Jelang Lebaran, DPRD Sumbar: Waspadai Beredarnya  Uang Palsu

    Jelang Lebaran, DPRD Sumbar: Waspadai Beredarnya  Uang Palsu PADANG,HARIANHALUAN.COM- Jelang lebaran yang tinggal menghitung hari, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Endarmy meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kriminalitas yang akan merugikan. Salah satunya terkait a.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:35:21 WIB

    Diselundupkan Bersama Teh China, Narkoba Asal Malaysia Beredar di Agam

    Diselundupkan Bersama Teh China, Narkoba Asal Malaysia Beredar di Agam PADANG, HARIANHALUAN,COM – Jajaran Satresnarkoba Polres Agam mengungkap peredaran narkoba antar negara, Senin (7/5). Dua pelaku yang tertangkap mengaku, narkoba yang mereka edarkan berasal dari Malaysia. Agar tidak ketahua.
  • Senin, 22 Juni 2015 - 18:22:12 WIB

    Uang Palsu Mulai Beredar

    KEPALA BI SUMBAR HIMBAU KENALI UANG ASLI

    PADANG, HALUAN — Waspadalah terhadap uang palsu (upal) yang saat ini mulai beredar di pasaran menjelang lebaran. Seperti yang baru saja disiarkan di berba.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]