Erick Thohir Sebut Kimia Farma Sudah Produksi Avigan, Tidak Lagi Impor!


Selasa, 15 September 2020 - 14:35:39 WIB
Erick Thohir Sebut Kimia Farma Sudah Produksi Avigan, Tidak Lagi Impor! Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) telah mampu melakukan produksi favipiravir dengan merek jual Avigan di dalam negeri. Obat ini merupakan salah satu obat yang dijadikan sebagai terapi penyembuhan untuk pasien Covid-19.

Favipiravir adalah sejenis obat antivirus yang digunakan untuk mengatasi beberapa jenis virus tertentu seperti influenza. 

"Kimia Farma sudah bisa produksi Avigan, yang selama ini impor. Masuk kategori favipiravir, [kini Kimia Farma] sudah bisa buat sendiri," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir dalam acara webinar yang digelar Selasa (15/9/2020).

Dia menyebutkan, dengan adanya kemampuan perusahaan dalam negeri untuk memproduksi obat ini di dalam negeri artinya, produsen farmasi dalam negeri sudah mulai mengurangi ketergantungan Indonesia untuk terus mengimpor obat-obatan tersebut.

"Sudah bisa buat sendiri karena sudah bisa buat sendiri karena gak mau bergantung kepada bahan baku impor," imbuhnya.

Hal yang sama sebelumnya juga disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa Avigan ini sebelumnya diproduksi oleh Fujifilm Toyama Chemical Jepang.

Selain Avigan versi generik, pemerintah juga akan memproduksi Tamiflu dan Oseltamivir sebanyak 480.000 buah. Obat ini akan digunakan untuk penanganan pasien Covid-19.

Sebagai catatan, Avigan, salah satu dari jenis favipiravir memang 'naik panggung' setelah menjadi pemberitaan karena bisa menyembuhkan Covid-19. Indonesia pun telah mengimpor obat ini beberapa waktu lalu.

Avigan yang mendapat izin untuk digunakan di Jepang pada tahun 2014 itu awalnya dikenal sebagai obat flu dan pernah dipakai untuk mengobati Ebola. Namun dalam beberapa kali penelitian, obat ini belum efektif menyembuhkan Covid-19.
 

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 07:30:12 WIB

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru HARIANHALUAN.COM - Sejumlah program jaring pengaman sosial atau social safety net kemungkinan akan dilanjutkan hingga 2021. Bahkan, akan menambahkan sejumlah program baru bagi masyarakat yang terdampak Covid-19..
  • Kamis, 24 September 2020 - 20:19:51 WIB

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN Iswandi Said mengatakan, Kementerian BUMN di bawah Erick Thohir bakal menyiapkan hotel BUMN untuk isolasi mandiri serta bagi orang tanpa gejala (O.
  • Kamis, 24 September 2020 - 12:03:50 WIB

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri HARIANHALUAN.COM - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyatakan Indonesia akan memproduksi sendiri obat corona untuk pasien Covid-19, yakni favipiravir atau avigan serta oseltamivir..
  • Rabu, 23 September 2020 - 09:39:43 WIB

    Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri

    Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara soal direksi PT Pertamina (Persero) yang disebut hobi melobi menteri oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok..
  • Kamis, 17 September 2020 - 16:17:15 WIB

    Erick Thohir Panggil Ahok, Andre Rosiade: Semoga tak Gaduh lagi

    Erick Thohir Panggil Ahok, Andre Rosiade: Semoga tak Gaduh lagi HARIANHALUAN.COM — Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang langsung bertemu dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok Kamis (17/9). Anggota F.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]