Bapaslon Jalur Perseorangan H.Endre Saifoel-Drs.Nasrul Chun Serahkan Dokumen Perbaikan Syarat Calon Ke KPU


Selasa, 15 September 2020 - 14:42:20 WIB
Bapaslon Jalur Perseorangan H.Endre Saifoel-Drs.Nasrul Chun Serahkan Dokumen Perbaikan Syarat Calon Ke KPU Reza perkasa selaku Liaison Officer (LO) pasangan bakal calon jalur perseorangan H.Endre Saifoel-Drs.Nasrul Chun saat menyerahkan dokumen perbaikan syarat calon, Selasa (15/9) ke KPU Sijunjung.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung jalur perseorangan H.Endre Saifoel-Drs.Nasrul Chun (BERNAS) menyerahkan berkas berkas dokumen syarat calon pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung, Selasa (15/9) yang diwakili oleh Liaison Officer (LO) “BERNAS” Reza Perkasa dan diterima salah seorang pegawai KPU.

Reza Perkasa mengatakan bahwa ada beberapa dokumen perbaikan dari pasangan H.Endre Saifoel- Nasrul Chun yang perlu dilakukan perbaikan dan setelah dilakukan perbaikan maka kita serahkan ke KPU kembali untuk diverifikasi dalam memenuhi persyaratan Bakal Calon Bpati dan Wakil Bupati Sijunjung 2020 oleh KPU. “ Ada beberapa dokumen perbaikan yang kita serahkan, seperti kesalahan penulisan nama bakal pasangan calon di salah satu persyaratan dan insha Alloh berkas kita sudah lengkap,” ujarnya usai menyerahkan dokumen perbaikan syarat calon.

Pihaknya berharap proses partisipasi berjalan dengan baik dan sama-sama menghormati mekanisme yang sudah tertuang dalam PKPU, agar pesta rakyat lima tahunan ini menjadi demokrasi yang sehat, damai dan badunsanak serta jauh dari black campaign.

Sementara itu Komisioner KPU Sijunjung Gunawan mengatakan bahwa hingga hari ini (Selasa.red), dari lima bakal pasangan calon Bupati dan wakil bupati Sijunjung yang mendaftar ke KPU Sijunjung, baru empat bapaslon yang menyerahkan dokumen perbaikan syarat calon ke KPU dan masih ada satu bapaslon lagi yang belum menyerahkan.

“Pada tahapan perbaikan berkas dokumen syarat calon, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung harus menyerahkan berkas dokumen syarat calon yang masih kurang pada saat pendaftaran terhitung melai tanggal 13 September hingga 16 September 2020. Kita kasih waktu di tanggal 16 September 2020 pukul 24.00 WIB. Bagi pasangan calon yang tidak menyampaikan berkas dokumen syarat calon yang masih kurang maka dianggap tidak memenuhi syarat dan pencalonan paslon bisa dianggap gugur dalam tahapan selanjutnya sesuai dengan PKPURI nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 3 tahun 2017 tetang pencalonan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil bupati, dan/atau walokota dan wakil walikota,” ujarnya.

Gunawan menambahkan setelah penyerahan dokumen perbaikan syarat calon, pihaknya akan melakukan rapat dan memplenokan syarat calon mana yang harus diverifikasi. hasil verifikasi perbaikan itu akan dirapatkan kembali dan akan ditetapkan calon tersebut pada tanggal 23 September 2020.

"Hasil verifikasi syarat calon nanti akan kami plenokan apakah memenuhi syarat atau tidak sebagai calon. Jika semua syarat dinyatakan memenuhi syarat, maka pasangan bakal calon bisa ditetapkan sebagai calon pada Pilkada 2020, untuk jadwal pelaksanaan tanggal 23 September akan ditetapkan pasangan calon dan 24 September akan dilaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon, " tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]