5 Solusi Mengatasi HP Cepat Panas saat Main Game


Selasa, 15 September 2020 - 15:32:46 WIB
5 Solusi Mengatasi HP Cepat Panas saat Main Game Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Mana nih suaranya penggemar game mobile? Jika kalian merupakan orang yang hobi main game di smartphone alias HP, tentunya kalian pernah mengalami perangkat yang mulai memanas saat digunakan di tengah-tengah permainan.

HP yang memanas saat digunakan untuk bermain game bisa dibilang adalah hal yang wajar terjadi. Namun, hal tersebut menjadi tidak wajar jika HP tersebut panasnya meningkat secara signifikan dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan hanya digunakan untuk bermain game 5 menit saja sudah panas dan membuat performa HP menjadi lemot.

Lantas, bagaimana solusinya? Berikut ini Teknologi.id (Haluan Media Group), rangkum beberapa cara mengatasi HP cepat panas saat main game yang sangat ampuh untuk diterapkan.

1. Tutup aplikasi multitasking

Menjalankan lebih dari satu aplikasi bersamaan atau Multitasking merupakan hal yang cukup lumrah untuk HP dengan RAM besar. Namun beda cerita bila HP kalian memiliki RAM kecil yang pastinya perangkat harus bekerja lebih keras menjalankan hal tersebut.

Nah, agar HP tidak cepat panas saat main game, kalian bisa menggunakan tombol recent apps lalu clear semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau bisa juga melalui menu “Settings” > “Application Manager” > Lalu pilih menu “Running“. Hal tersebut biasanya merupakan hal kecil namun seringkali dilupakan.

2. Periksa sambungan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth

Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth, ketiga fitur penting yang ada di HP tersebut memang memiliki peranan yang sangat penting untuk berbagai kebutuhan. Namun jika kamu sedang tidak menggunakan ketiga fitur tersebut, mengapa harus dinyalakan?

Salah satu penyebab HP cepat panas ketika sedang memainkan game yaitu kita tidak sadar kalau ada salah satu sambungan Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth yang masih menyala. Maka dari itu, periksalah sambungan tersebut sebelum kamu berselancar memainkan game kesayanganmu untuk mendapatkan kinerja HP yang lebih optimal.

3. Kurangi tingkat kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar ternyata juga berpengaruh pada saat kamu memainkan sebuah game di HP, baik itu game offline ataupun online. Jika kamu memaksakan untuk mendapatkan kecerahan layar yang maksimal, dampaknya yaitu baterai HP akan cepat menyusut.

Tak hanya itu, ternyata kinerja HP juga akan terbebani jika kamu meningkatkan kecerahan layar ke level tertinggi. Lebih baik gunakan mode pencerahan layar secara Auto, dimana ponsel nantinya akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar ketika kamu berada, baik saat berada di ruangan gelap atau pun terang.

4. Sesuaikan spesifikasi game

Banyak dari pengguna yang tetap memaksa memainkan game-game yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP miliknya. Seperti yang kita tahu, kinerja HP saja sudah terbebani oleh banyak aplikasi sistem yang berjalan, jika kamu tambah lagi dengan memainkan game berat tentu saja HP juga akan cepat panas.

Sebaiknya perhatikan spesifikasi yang dibutuhkan dari sebuah game sebelum kamu memainkan game tersebut. Sebagai solusinya, kamu bisa memainkan daftar game mobile ringan atau upgrade HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

5. Gunakan gamepad cooler

Cara yang terbilang ampuh untuk mengatasi HP cepat panas saat main game yakni menggunakan gamepad cooler. Gamepad cooler sendiri bisa kalian beli di berbagai toko online ternama dengan harga yang terjangkau.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan gamepad cooler juga membutuhkan banyak baterai tambahan untuk menjalankan kipas. Solusinya yakni gunakan powerbank atau menggunakan charger langsung ke sumber listrik. Untuk beberapa game coling dengan harga mahal sudah tersedia baterai dalam paket penjualan. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]