Kelola KBR Secara Transparan dan Gotong Royong, KTH Mekar Jaya Diapresiasi


Selasa, 15 September 2020 - 15:52:16 WIB
Kelola KBR Secara Transparan dan Gotong Royong, KTH Mekar Jaya Diapresiasi Kadis Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi Usama Putra saat mengunjungi KBR milik KTH Mekar Jaya di Petok, Panti, Pasaman.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi Usama Putra apresiasi Kelompok Tani Hutan (KTH) MekarJaya, Petok, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman. 

"Saya apresiasi KTH Mekar Jaya yang beranggotakan 56 orang itu. Karena prinsip-prinsip berkelompok yang patut dicontoh. Musyawarah, keterbukaan, gotong royong dan swadaya, itulah kelebihannya," ujar Yoz, Selasa (15/9/2020).

Menurut mantan Kadis Kehutanan Kabupaten Pasaman ini, KTH tersebut sukses mengelola Kebun Bibit Rakyat (KBR) bersama anggota kelompoknya. Berbagai jenis benih tanaman hasil hutan bukan kayu (HHBK) berhasil disemai di KBR tersebut. 

"Saya sudah jalan-jalan ke lokasi KBR  di Pasaman. Salah satu yang dikunjungi adalah yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) MekarJaya di Petok, Panti. KBR ini disupport oleh BPDAS HL Indragiri Rokan," imbuhnya.

Setidaknya, kata Yoz, ada empat jenis bibit HHBK yang disemai di KBR itu, yaitu Jengkol, Alpukat, Petai dan Pinang, dengan target sebanyak 20.000 batang.

"Saat di lokasi pembibitan, secara umum terlihat sebahagian sudah tumbuh dan sebahagian lainnya masih menyemai benih tanaman Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK)," ujarnya. 

Yoz menjelaskan, bahwa pembuatan bibit dilaksanakan bersama-sama oleh anggota KTH. Pemilihan jenis bibit pun berdasarkan hasil musyawarah kelompok. 

"Bibit yang dipilih adalah yang mempunyai prospek pasar dan bernilai ekonomi tinggi, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar hutan," katanya.

Ia berharap, KBR yang dikelola oleh KTH MekarJaya, bermanfaat dalam menyediakan bibit berkualitas untuk rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah itu. 

Selain itu, memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar hutan untuk memperoleh pendapatan dengan sistem padat karya erta sekaligus mendukung upaya pemulihan ekonomi pasca Covid-19. 


Ketua KTH Mekar Jaya, Nur Islah menerangkan bahwa anggota KTH setiap bulan bermusyawarah untuk merencanakan kegiatan dan sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sedang dilaksanakan dengan didampingi oleh Penyuluh Kehutanan KPHL Pasaman Raya.

"Musyawarah dan transparan adalah kunci keberhasilan kelompok. Gotong royong menunjukkan kekompakan kelompok dan swadaya anggota kelompok membuktikan tingginya partisipasi," ungkap Nur Islah. 

Anggota kelompok yang bekerja di persemaian, kata dia, memperoleh upah harian kerja. Namun uniknya, mereka sepakat untuk upah kerja tersebut sebahagiannya digunakan untuk membeli bibit yang lebih berkualitas.

"Alasannya adalah agar nanti setelah ditanam dan dipelihara dengan baik, akan menghasilkan buah yang lebih baik dan cepat menghasilkan," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 15:50:23 WIB

    Bank Nagari Cabang Payakumbuh Kelola BLT Dana Desa untuk Masyarakat yang Terdampak Covid-19

    Bank Nagari Cabang Payakumbuh Kelola BLT Dana Desa untuk Masyarakat yang Terdampak Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Dalam suasana Pandemi Covid 19 pemerintah hadir untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak akibat penyebaran Covid 19. Ada bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos, Pemerintah Provinsi dan Pemanf.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 01:03:08 WIB

    PT. Pelindo II akan Menata Pelabuhan yang Dikelolanya

    PT. Pelindo II akan Menata Pelabuhan yang Dikelolanya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur atau PT. Pelindo II berencana akan melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu tugas pokok .
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:48:09 WIB

    Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana ke Jepang

    Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana ke Jepang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peningkatan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana gempa dan tsunami terus menjadi fokus Pemprov Sumbar. Terkini, Wakil Gubernur Nasrul Abit (NA) berkunjung ke Sendai, Jepang, untuk mempelajari le.
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 16:51:59 WIB

    Kawasan LBS Sawahlunto Berpotensi untuk Dikelola

    Kawasan LBS Sawahlunto Berpotensi untuk Dikelola SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kawasan peternakan sapi milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), di bawah bendera PT Lembu Betina Subur masih memiliki potensi untuk dikelola dan dimanfaatkan masyarakat. Setidaknya dengan membuka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]