Bangun Labor Uji Spesimen Covid-19, dr Andani: Tak Perlu Dibesar-besarkan


Selasa, 15 September 2020 - 20:47:31 WIB
Bangun Labor Uji Spesimen Covid-19, dr Andani: Tak Perlu Dibesar-besarkan dr Andani

HARIANHALUAN.COM - Demi memberikan layanan swab test gratis pada masyarakat, seorang dokter di Provinsi Sumatera Barat membangun sendiri laboratorium uji spesimen Covid-19.

Ia adalah Dr dr Andani Eka Putra M.sc yang juga seorang Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK Unand. Pasalnya, dokter tersebut rela menggelontorkan uang pribadinya untuk membangun laboratorium uji spesimen tersebut.

Saat dihubungi Harianhaluan.com pada Selasa (15/9) Dr dr Andani mengatakan kebutuhan laboratorium tersebut dibangun untuk menunjang risetnya sendiri. Ia juga menyebutkan agar informasi mengenai pembangunan lab sendiri dengan uang pribadi itu tidak perlu dibesar-besarkan.

"Itu sudah lama tidak perlu dibesar-besarkan. Gunanya untuk penelitian saya juga," katanya.

Ia rela merogoh kocek senilai Rp 850 juta serta membeli perlengkapan laboratorium sendiri. Selain itu, ia juga mengatakan hal tersebut dikakukannya untuk dapat membantu dan meringankan masyarakat dalam mendapatkan layanan uji swab gratis.

"Apa yang sudah diberikan ke masyarakat itu jangan diungkit-ungkit lagi. Kalau mau ya buat sendiri," tegasnya.

Pembangunan lab uji spesimen Covid-19 itu menurut dia merupakan salah satu bentuk kemandirian bangsa dan kemaslahatan masyarakat.

"Ini salah satu harapan saya dan berguna untuk penelitian saya juga," ujarnya.

Seperti yang diketahui, dr Andani merupakan tenaga media yang menemukan metode pool test bersama dengan tim medisnya yang didukung oleh Pemprov Sumatera Barat. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]