Mentawai Siap Terapkan Perda AKB Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 


Selasa, 15 September 2020 - 21:37:38 WIB
Mentawai Siap Terapkan Perda AKB Pencegahan dan Pengendalian Covid-19  Mentawai Siap Terapkan Perda AKB

HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam waktu ini, bakal menerapkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake saat mensosialisasikan Perda AKB tersebut  di Aula Kecamatan Sipora Selatan, Selasa (15/09), kata dia Perda tersebut  telah disetujui dan disahkan oleh DPRD bersama Pemprov Sumbar dan berlaku untuk Kabupaten atau Kota di Wilayah Sumatera Barat. 

Ia menjelaskan penerapan sanksi terhadap pelanggar Perda AKB diberikan secara bertahap kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali, mulai sanksi administratif sampai dengan dikenakan denda, bahkan pidana penjara, jika yang bersangkutan terus melanggar aturan yang tertuang dalam Perda AKB tersebut. Peningkatan sanksi tersebut merupakan upaya memberikan efek jera kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. 

" Kalau ini sudah peraturan Daerah suka tidak suka harus dilaksanakan, masalahnya kita cermati perkembangan Covid-19 dan sebenarnya kita sudah sosialisasikan adaptasi kebiasaan baru ini sudah cukup lama, tetapi penerapan sanksi dilakukan secara bertahap, misalnya pelanggaran hari ini sangsi sosial membersihkan sampah satu jam, besok melanggar lagi sanksinya ditingkatkan, tidak langsung didenda atau pidana penjara, ada tahapan," Kata Kortanius 

Dalam pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelanggaran aturan tersebut kata Kortanius pihaknya akan melakukan gerak cepat untuk membentuk tim terpadu yang melibatkan Sat Pol PP, Polri dan TNI serta stakeholder lainnya, karena waktu yang diberikan untuk menerapkan perda tersebut di Kepulauan Mentawai hanya 7 hari.

"Kita diberikan waktu selama tujuh hari setelah aturan ini diundangkan, untuk melakukan sosialisasi dan membentuk tim khusus, untuk itu diharapkan tim ini sudah terbentuk sebelum pekan depan, karena harus sudah diterapkan aturan ini," timpalnya.

Ia menghimbau kepada seluruh Masyarakat Mentawai untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona, karena menurutnya tanpa ada kesadaran masyarakat sendiri terhadap protokol kesehatan, maka penyebaran virus corona akan sulit dihentikan. 

Adapun kebiasaan baru yang harus diterapkan selama pandemi Covid-19 ini, antara lain menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kontak fisik, hindari kerumunan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat lainnya. Kebiasaan tersebut kata Kortanius harus terus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, kemudian dilingkungan pemerintah pihaknya telah menyurati seluruh OPD terkait penerapan Perda AKB.

" Kebiasaan Baru ini harus terus disosialisasikan, dengan seringnya kita sosialisasikan lambat laun akan menjadi kebiasaan, contohnya saja menggunakan helm saat berkendara sepeda motor, sekarang sudah jadi kebiasaan yang harus dipatuhi, kemudian untuk denda dari pelanggar akan dimasukan ke rekening daerah masing-masing, itu sudah ada kesepakatan bersama Pemprov Sumbar dan Kabupaten, " Pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Mentawai Martinus Dahlan, Unsur Forkopimda, Forkopimcam Sipora Selatan, Kepala Desa Se-Kecamatan Sipora Selatan, Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda serta tamu undangan lainnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 September 2020 - 09:09:03 WIB

    DPRD Mentawai Dukung Perekrutan Dokter Hewan 

    DPRD Mentawai Dukung Perekrutan Dokter Hewan  HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai mendukung rencana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai merekrut Dokter hewan, untuk anggaran Tahun 2021..
  • Selasa, 22 September 2020 - 16:07:42 WIB

    DPRD Mentawai Dukung Rencana Pengalihan Fungsi Kapal Tangkap 

    DPRD Mentawai Dukung Rencana Pengalihan Fungsi Kapal Tangkap  HARIANHALUAN.COM - Lama tidak beroperasi 15 Kapal tangkap bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Sikakap, Kepulauan Mentawai Tahun depan akan dialihkan menjadi Kapal penampung ikan dari nelayan-nelayan kecil di.
  • Senin, 21 September 2020 - 21:23:10 WIB

    Update Kasus Covid-19 di Mentawai: 7 Dirawat, 26 Dinyatakan Sembuh

    Update Kasus Covid-19 di Mentawai: 7 Dirawat, 26 Dinyatakan Sembuh HARIANHALUAN.COM - Update sementara kasus Corona Virus Disiase (Covid-19) di Kepulauan Mentawai per hari ini, Senin (21/09) telah tercatat sebanyak 33 kasus terkonfirmasi, 26 diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 7 lagi mas.
  • Ahad, 20 September 2020 - 13:09:30 WIB

    Hari Ini 3 Kasus Baru Positif Covid-19 di Mentawai, Satu Kepala Puskesmas

    Hari Ini 3 Kasus Baru Positif Covid-19 di Mentawai, Satu Kepala Puskesmas HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen swab test Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, hari ini Minggu (20/09) bertambah lagi 3 kasus baru positif Covid-19 di Mentawai..
  • Sabtu, 19 September 2020 - 18:36:21 WIB

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Sabtu, (19/09) melaunching pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) bertempat di Aula Hotel Jelita, Jalan Raya Tuapejat Km 0, Keca.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]