Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Anies Putuskan Ambil Keputusan PSBB Diperketat


Selasa, 15 September 2020 - 21:56:19 WIB
Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Anies Putuskan Ambil Keputusan PSBB Diperketat Tangkapan layar

HARIANHALUAN.COM - Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberlakukan PSBB lanjutan menuai pro dan kontra. Keputusan tersebut berlaku mulai dari hari Senin (14/9) dengan diperketatnya aturan di berbagai sektor yang ada.

Di diskusi Indonesia Lawyers Club pada Selasa (15/9) ia mengatakan keputusan tersebut sudah dikaji secara jelas dan berdasarkan data perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

"Kami terpaksa melakukan ini tanpa ada rasa untuk menakut-nakuti. Karena perkantoran menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 sehingga PSBB ini dilakukan pengetatan," katanya.

Pada Rabu (9/8), Anies menyebut pengetatan kembali PSBB sebagai upayanya menarik rem darurat menyusul lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota. Seperti yang diketahui, DKI Jakarta mencatat terjadi 1.026 kasus baru dalam sehari.

"Bisa dilihat bagaimana terjadinya lonjakan besar di kasus tersebut. Kami bicara sesuai data, saya menilai PSBB diperketat ini bisa kuta lalui karena kita sudah bisa bertransisi," jelasnya lagi.

Ia menilai pemberlakukan PSBB di Provinsi DKI Jakarta bisa dilakukan masyarakat karena sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Seperti kebiasaan masyarakat yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Selanjutnya, ia juga menerangkan di perkantoran atau instansi akan di "break" untuk sementara. Karena klaster perkantoran menjadi penyumbang terbesar kasus positif Covid-19 di sana. Angkanya mencapai 46 persen dari kasus yang lainnya.

"Sekarang perkantoran 100 persen di "break" sejenak. Jika memang diharuskan bekerja di kantor maka maksimalnya 25 persen saja. Kami tidak bisa mengkompromikan kesehatan," tegasnya.

Saat ditanya mengenai kritikan Menteri Perekonomian terhadap keputusan PSBB tersebut, Anies menjawab keputusan yang sudah diambil telah melalui pemikiran yang panjang dan hasil dari masukan berbagai pihak.

"Hal itu biarlah menjadi masalah dapur kami sendiri yang jelas ini sudah melalui pemikiran yang panjang," tukasnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : ILC TV One /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]