Tolak Jenazah Dimakamkan Secara Protokol Covid-19 di Sijunjung, Keluarga Pasien Tendang Perawat


Rabu, 16 September 2020 - 07:19:04 WIB
Tolak Jenazah Dimakamkan Secara Protokol Covid-19 di Sijunjung, Keluarga Pasien Tendang Perawat ilustrasi ricuh

HARIANHALUAN.COM - Kericuhan dan keributan serta perdebatan antara petugas medis rumah sakit umum daerah (RSUD) Sijunjung dengan keluarga Pasien suspek Covid-19 asal Kecamatan Kamang Baru dan Kecamatan Tanjung Gadang tak terhindarkan. Kedua belah pihak keluarga pasien yang meninggal dunia, Selasa (15/9/2020) menolak anggota keluarga mereka dimakamkan secara protokol kesehatan atau prosedur virus tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, keributan tersebut berawal saat dua pasien suspect Covid -19 berinisial 'A' (71) asal rujukan Puskesmas Kamang baru dan pasien berinisial 'B' (23) pasien asal rujukan Puskesmas Tanjung Gadang meninggal dunia dalam waktu tidak berbeda jauh di ruangan isolasi RSUD Sijunjung dengan status suspek Covid-19. 

Sebelumnya kedua pasien tersebut masuk ke RSUD Sijunjung pada hari yang sama, cuma dalam jam yang berbeda dengan kondisi suspek berat serta harus dirujuk ke rumah sakit rujukan dengan status tersebut. Namun, saat pihak RSUD Sijunjung berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan dan masih menunggu karena ruangan isolasi dalam keadaan penuh. Keduanya setelah diambil test swab meninggal dunia di ruangan isolasi RSUD Sijunjung sebelum hasilnya keluar. 

“Dengan kondisi dan status pasien Suspek Covid-19, maka sesuai SOP penyelenggaraan jenazah mengikuti prosedural Covid-19. Hal tersebut ditentang oleh kedua belah pihak keluarga pasien, sehingga terjadi keributan dan perseteruan antara tenaga medis dan dokter yang berjaga di ruangan isolasi dengan pihak keluarga pasien,” ujar Direktur RSUD Sijunjung dr. Diana Oktavia saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa (15/9/2020) malam.

Dr. Diana Oktavia menjelaskan, saat keributan tersebut terjadi, salah seorang keluarga pasien tersebut sempat berusaha menampar salah seorang dokter yang berjaga di ruangan isolasi, namun tidak mengenai dokter tersebut karena mengelak. Sementara itu, ada salah seorang perawat wanita yang bertugas diruangan isolasi yang mendapatkan tendangan di bagian kakinya. 

“Ketika mereka (petugas medis.red) menelepon saya terkait kejaidan tersebut, saya perintahkan agar mengunci ruangan isolasi dan saya pun langsung berkoordinasi dengan satgas Covid 19, termasuk Satpol PP dan pihak Kepolisian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” terangnya.

Keadaan pun berangsur tenang, dimana pihak kepolisian dan Pol PP memberikan pengertian kepada kedua pihak keluarga terkait prosedur yang dilakukan, namun keluarga tetap menolak dan berniat untuk membawa pulang jenazah keluarga mereka tersebut ke kampung halaman untuk dimakamkan seperti biasanya. 
Setelah negoisasi pihak keluarga dan petugas medis, dokter dan polisi serta Satpol PP, maka dicapailah kesepakatan bahwa jenazah 'B' (23) warga Kecamatan Tanjung Gadang dibawa pulang oleh pihak Keluarga ke Kecamatan Tanjung Gadang dengan pengawasan tim Satgas Covid-19 serta berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk mengawasi penyelenggaraan jenazah.

Begitu juga dengan jenazah 'A' (71) asal kecamatan Kamang Baru yang akan dibawa pulang pihak keluarga ke kampung halamannya di Samosir, Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan ambulans dan peti mati yang didatangkan dari pihak keluarga pasien. Sementara itu, saat ini kondisi di RSUD Sijunjung sudah normal seperti biasanya, tapi masih terlihat aparat kepolisian dan Satpol PP yang berjaga.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sijunjung sekaligus Kadis Kominfo Rizal Effendi kembali mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sijunjung agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak dan kerumunan guna mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sijunjung. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]