5 Makanan dan Minuman yang Bisa Dikonsumsi saat Keracunan


Rabu, 16 September 2020 - 18:37:43 WIB
5 Makanan dan Minuman yang Bisa Dikonsumsi saat Keracunan Ilustrasi kelapa muda

HARIANHALUAN.COM - Keracunan bisa terjadi ketika seseorang salah dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman.

Seperti dilansir dari Wowmenariknya.com, Rabu (16/9/2020), beberapa gejala keracunan makanan yang sering terjadi seperti diare, muntah-muntah hebat, sakit kepala, demam, dan lemas.

Untuk mengatasi gejala ringan keracunan makanan dapat menggunakan makanan atau minuman berikut yang cukup mudah diperoleh di rumah. Beberapa makanan atau minuman ini dapat membantu mengendurkan perut dan mengeluarkan racun.

Berikut adalah makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi saat mengalami keracunan makanan atau gejala ringan keracunan makanan.

1. Air Putih

Gejala keracunan yang sering terjadi adalah muntah-muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini bisa berakibat pada tubuh yang menjadi lemas karena dehidrasi kehilangan banyak cairan.

Oleh karena itu, segeralah minum air putih. Dengan banyak meminum air putih menjadi salah satu cara terbaik menghilangkan racun dalam tubuh. Sebab air putih akan menetralkan racun di dalam tubuh.

2. Air Kelapa

Saat kamu mengalami keracunan dan muntah-muntah, segeralahlah mengambil tindakan pertolongan pertama dengan meminum air kelapa hijau. Di mana air kelapa membuat tubuh menjadi lebih segar dan membantu menetralisir racun.

Selain itu, air kelapa juga mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak dan dapat mempercepat pemulihan saat keracunan dengan meningkatkan energi tubuh yang lemas.

3. Pisang

Mengkonsumsi makanan lunak, rendah serat, rendah lemak, dan tidak pedas direkomendasikan oleh para ahli medis untuk mengobati gejala keracunan makanan. Salah satu makanan seperti itu adalah pisang.

Oleh karenanya dapat membantu mengobati mual, diare, muntah, mulas dan segala jenis gangguan usus yang disebabkan oleh keracunan makanan. Saat mengalami gejala keracunan makanan cobalah mengkonsumsi pisang matang 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

4. Susu

Salah satu penyebab seseorang mengalami keracunan karena mendapati produk tertentu yang sudah melewati batas kadaluarsa.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah meminum susu karena susu merupakan minuman sehat yang berfungsi sebagai penetralisir mengeluarkan kandungan racun di dalam tubuh secara berkala. Pilihlah susu murni tanpa bahan kimia untuk menetralkan racun.

5. Kentang Rebus

Kentang rebus cocok untuk membantu mengendalikan diare yang terkait dengan keracunan makanan. Rasa hambar dari kentang rebus mencegah pembengkakan perut lebih lanjut dan membantu pencernaan.

Hal yang harus kamu lakukan adalah merebus kentang, membuang kulitnya, lalu menumbuk atau menghaluskannya dan bisa diberikan sedikit garam atau secukupnya. (*)

loading...
 Sumber : Wowmenariknya.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 16:05:36 WIB

    5 Arti Mimpi Melahirkan Menurut Islam, Pertanda Kebaikan?

    5 Arti Mimpi Melahirkan Menurut Islam, Pertanda Kebaikan? HARIANHALUAN.COM - Tak jarang seseorang bertanya-tanya arti mimpi menurut islam yang baru saja dialami semalam, salah satunya mimpi melahirkan. Apakah hal tersebut sebuah kebaikan atau sebaliknya, hal yang buruk akan menim.
  • Sabtu, 26 September 2020 - 08:26:27 WIB

    5 Resep Mie Super Enak di Dunia, Dijamin Nagih

    5 Resep Mie Super Enak di Dunia, Dijamin Nagih HARIANHALUAN.COM - Mie merupakan makanan karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat..
  • Ahad, 20 September 2020 - 19:52:35 WIB

    Wajib Catat, 5 Makanan Ini yang Tak Bikin Asam Lambung Sering Kambuh

    Wajib Catat, 5 Makanan Ini yang Tak Bikin Asam Lambung Sering Kambuh HARIANHALUAN.COM - Punya penyakit asam lambung? Jangan coba-coba salah nyicip makanan, bisa fatal akibatnya. Sebab jika asam lambung kumat, si penderita akan merasa mual, hingga muntah..
  • Ahad, 20 September 2020 - 19:10:53 WIB

    5 Manfaat Stroberi bagi Kecantikan yang Ladies Harus Tahu

    5 Manfaat Stroberi bagi Kecantikan yang Ladies Harus Tahu HARIANHALUAN.COM - Selain bentuknya indah dan menawan, buah stroberi juga memiliki rasa asam dan menyegarkan sehingga cocok untuk dijadikan juice. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, ternyata stroberi juga baik untuk kecantik.
  • Jumat, 18 September 2020 - 10:06:05 WIB

    Dear Bunda, Beri 5 Makan Ini Agar Anak Kuat Saat Pandemi

    Dear Bunda, Beri 5 Makan Ini Agar Anak Kuat Saat Pandemi HARIANHALUAN.COM - Bunda wajib memberikan makanan yang sehat dan membuat kekebalan tubuh anak makin kuat saat pandemi Covid-19. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, maka bunda tak perlu lagi khawatir anak akan tertular virus Cov.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]