Fokus Pengadaan Vaksin Covid-19, Proyek Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda


Rabu, 16 September 2020 - 19:52:15 WIB
Fokus Pengadaan Vaksin Covid-19, Proyek Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Proyek ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya disepekati untuk ditunda. Meski pada dasarnya tetap dilanjutkan, namun saat ini pemerintah hanya fokus pada sisi kelanjutan perencanaan saja.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan ada sejumlah pertimbangan yang bakal mempengaruhi masa depan proyek tersebut.

"IKN memang proses perencanaan terus berjalan. Tentunya kita timing-nya melihat pemulihan Covid-19 dan kemampuan fiskal," ujarnya dalam HSBC Economic Forum bertajuk 'Orchestrating the next move: Transforming Indonesia into Asia's next supply chain hub' yang berlangsung secara virtual, Rabu (16/9/2020).

Aspek pendanaan menjadi hal paling penting untuk dipikirkan. Pemerintah juga tengah fokus pada penyiapan skema sovereign wealth fund (SWF) dengan membentuk Lembaga Pengelola Investasi.

"Yang nanti diharapkan jadi suatu katalis juga yang bisa invite investor-investor. Sebelum Covid sebenarnya ide besarnya adalah kita menggabungkan projects IKN ini antara pendanaan pemerintah dan international investor dalam bentuk project development," urainya.

Dia menjelaskan bahwa  sudah ada calon investor yang ingin masuk ke proyek IKN. Hanya saja, penjajakan itu terganggu karena adanya pandemi sehingga perlu dibahas ulang.

"Nah ini yang kita lihat nanti setelah Covid-19 ini apakah model pengembangan IKN ini sama dengan model awal, kita sedang diskusikan dengan beberapa international investor dan seperti apa kapasitas sesuai keuangan negara dan pemulihan ekonomi," urainya.

Sejauh ini, dia juga belum menyebutkan detail timeline baru untuk pembangunan IKN. Yang jelas, pemerintah masih fokus dalam upaya pengadaan vaksin sehingga pandemi Covid-19 bisa tertangani.

"Ini kita masih diskusi dan tentunya kita terus berdiskusi dengan international investor yang memang berminat di awal. Kita lihat setelah 2021. Setelah ada vaksin kita mungkin akan lebih clear liat timeline-nya," katanya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 06:10:06 WIB

    Salah Satu Proyek Mentan, Fokus Garap Rawa di Sumatera Jadi Sawah Baru

    Salah Satu Proyek Mentan, Fokus Garap Rawa di Sumatera Jadi Sawah Baru HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Ir. Fadjry Djufry dihadapan Menteri Pertanian (Mentan) Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, menandatangani rencana kerja lima tahun dengan Inter.
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 16:33:58 WIB

    Tepis Isu Reshuffle, Mensesneg: Presiden Perintahkan Kabinet Fokus Bekerja

    Tepis Isu Reshuffle, Mensesneg: Presiden Perintahkan Kabinet Fokus Bekerja HARIANHALUAN.COM - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menepis kabar yang menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet besar-besaran. Menurutnya, kabinet saat ini tengah fokus untuk menan.
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 19:45:29 WIB

    PKS Sarankan Pemerintah harus Fokus Bangun Persatuan

    PKS Sarankan Pemerintah harus Fokus Bangun Persatuan HARIANHALUAN.COM - Dalam kondisi prihatin seperti sekarang ini, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 harus dijadikan momentum membangun rasa persatuan, kebersamaan dan semangat mewujudkan kehidupan berbangsa d.
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 14:58:10 WIB

    Mas Nadiem Terancam Dicampakan Jokowi, Netizen: Fokus ke Gojek Saja

    Mas Nadiem Terancam Dicampakan Jokowi, Netizen: Fokus ke Gojek Saja HARIANHALUAN.COM – Aksi ‘marah-marah’ Presiden Jokowi di rapat kabinet beberapa pekan lalu, agaknya melahirkan banyak spekulasi. Pada kesempatan tersebut, ia mengancam, siapapun menteri yang performanya tak memuaskan, .
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 09:14:16 WIB

    Jangan Lagi Berpikir Gaji 13, Kemenkeu Sedang Fokus ke Covid-19

    Jangan Lagi Berpikir Gaji 13, Kemenkeu Sedang Fokus ke Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan memastikan tidak akan memberikan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam waktu dekat ini. Hal ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana gaji ke-13 diberikan tak lama s.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]