Komisi I DPRD Nilai Penggunaan Dana Covid-19 di Mentawai Belum Transparan 


Rabu, 16 September 2020 - 21:21:12 WIB
Komisi I DPRD Nilai Penggunaan Dana Covid-19 di Mentawai Belum Transparan  Sekertaris Komisi I DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Stefanus Sabaggalet

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah mengucurkan anggaran puluhan miliar rupiah melalui realokasi anggaran APBD Mentawai, untuk penanganan dan Pencegahan Covid-19, namun sangat disayangkan penggunaan anggaran tersebut dinilai belum transparan.

Hal itu dikemukakan Sekertaris Komisi I DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Stefanus Sabaggalet, kepada wartawan, Selasa (15/09) di Sekretariat DPRD Mentawai, karena sampai saat ini kata dia belum ada laporan pertanggungjawaban yang jelas dari pihak terkait. 

"Secara global kita di DPRD sangat mendukung, tetapi yang disayangkan sampai saat ini kita belum melihat mana rincian penggunaan anggarannya, kalau tidak salah sudah terpakai sekitar 26 miliar, digunakan untuk apa saja harus jelas," kata Legislator Perindo tersebut. 

Menurutnya realisasi penggunaan anggaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai tidak ada masalah, namun selaku anggota DPRD pihaknya harus mengetahui kemana saja anggaran tersebut dibelanjakan, hal itu menjawab pertanyaan dari Masyarakat yang berasumsi buruk terhadap penggunaan anggaran Covid-19.

"Kita berfikir positif saja terkait penggunaan anggaran Covid-19, tetapi selaku lembaga yang mengesahkan anggaran kita harus tau, tetapi terkesan tidak ada keterbukaan, pada rapat paripurna Wakil Bupati juga meminta seluruh OPD yang terkait untuk menyerahkan laporan penggunaan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT)," paparnya.

Ia menyebutkan sedikitnya terdapat 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terpilih untuk mengelola BTT, yang menurut dia masih banyak yang belum melaporkan realisasi secara tertulis yang disertai dengan bukti otentik penggunaan anggaran yang jelas.

" DPRD butuh keterangan dari setiap OPD yang mengelola dana BTT, kita butuh penjelasan dan bukti autentik laporan realisasi anggaran dana Covid-19, tidak bisa secara lisan saja, tetapi disertai dengan laporan tertulis yang jelas," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]