XL Axiata Bersama Kemenag Luncurkan Program Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh


Rabu, 16 September 2020 - 23:42:59 WIB
XL Axiata Bersama Kemenag Luncurkan Program Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag), meluncurkan program “Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh” yaitu program untuk pengembangan pendidikan para pelajar madrasah.

Melalui program ini, kedua pihak memberikan bantuan sarana akses internet bagi para pelajar madrasah agar dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Penandatanganan nota kesepahaman untuk kerja sama ini berlangsung, Senin (14/9).

Direktur Kurikulum, Sarana Prasarana, Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI, Dr. H. A. Umar, MA mengatakan sangat berterimakasih kepada XL Axiata atas kepeduliannya kepada siswa madrasah di seluruh Indonesia.

"Pada saat masa pandemic Covid-19 ini, anak-anak kita membutuhkan banyak dukungan khususnya koneksi internet agar bisa mengikuti PJJ dengan baik. Semoga kerja sama ini bermanfaat untuk semua pihak, terutama anak-anak kita para pelajar madrasah di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Dr. H. A. Umar, MA menambahkan, pihaknya berharap program bantuan yang diinisiasi bersama XL Axiata bisa menjangkau hingga lebih dari 74 ribu madrasah dengan 9,5 juta pelajar baik madrasah negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Selain masalah terkait daya beli pelajar atau orang tua mereka terhadap kuota data, banyak di antara madrasah tersebut berada di pelosok-pelosok daerah yang juga sulit mendapatkan sinyal seluler dan internet. Untuk itu pihaknya berharap kerjasama dengan XL Axiata bisa membantu mengatasi persoalan ini.

Sementara itu, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, XL Axiata tetap konsisten mendukung pendidikan Indonesia termasuk madrasah.

“Setelah sebelumnya kami bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, termasuk dengan Ditjen Dikti, kini kami mendukung Kemenag sebagai penyelenggara pendidikan madrasah,” jelas Feby.

Menurut Feby Sallyanto melalui kerja sama ini, XL Axiata akan menyalurkan bantuan berupa kartu SIM gratis kepada para pelajar madrasah. Masing-masing kartu SIM sudah terisi kuota 30GB yang bisa mereka manfaatkan selama dua bulan.

Mekanisme penyaluran bantuan akan dilakukan dengan cara pendistribusian kartu SIM kepada madrasah di seluruh Indonesia.

Kuota itu bisa mereka gunakan untuk akses aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan oleh guru untuk mengirimkan bahan pelajaran atau tugas selama PJJ, yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Selain itu, dengan kuota gratis tersebut para pelajar madrasah juga bisa memakainya untuk mengakses bahan pendukung pelajaran yang ada di aplikasi e-learning madrasah, aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Kuota itu pun juga bisa mereka gunakan untuk mendapatkan materi belajar yang tersediakan di madrasah berbagi yang ada di website https://elearning.kemenag.go.id/madrasahberbagi, Rumah Belajar Kemendikbud yang ada di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud dihttps://spada.kemdikbud.go.id atauhttps://lmsspada.kemdikbud.go.id/. (*)

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 20:24:05 WIB

    XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis untuk Pelajar

    XL Axiata Salurkan 350 Ribu Paket Internet Gratis untuk Pelajar HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menyalurkan kartu paket data gratis untuk pelajar di berbagai daerah. Khusus untuk Provinsi Lampung, XL Axiata siap menyalurkan 350 ribu paket internet agar segera bisa di.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 15:53:54 WIB

    Karyawan XL Axiata Salurkan Donasi Pendidikan di Aceh

    Karyawan XL Axiata Salurkan Donasi Pendidikan di Aceh HARIANHALUAN.COM - Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan donasi pendidikan untuk sebuah sekolah dan panti asuhan di Aceh melalui program XL Axiata Bersama Bangun Negeri (Berbagi). Acara yang turut dihadiri Territo.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 20:33:10 WIB

    Begini Caranya Pelanggan XL Prioritas Dapat Akses Data Tanpa Batas

    Begini Caranya Pelanggan XL Prioritas Dapat Akses Data Tanpa Batas HARIANHALUAN.COM - myPRIO X Unlimited bisa menjadi solusi terbaik bagi para pelanggan XL PRIORITAS untuk mendapatkan unlimited data di semua jaringan, dan unlimited akses ke sejumlah aplikasi favorit. Paket baru ini sudah.
  • Rabu, 09 September 2020 - 22:49:02 WIB

    Horas! Layanan XL Home Kini Hadir di Medan  

    Horas! Layanan XL Home Kini Hadir di Medan   HARIANHALUAN.COM - Layanan XL Home dari PT XL Axiata (XL Axiata) terus diperluas dan kini telah hadir di Kota Medan, Sumatera Utara. Perluasan di Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini sekaligus melanjutkan perluasan yang dilaku.
  • Jumat, 04 September 2020 - 19:14:23 WIB

    Sambut Hari Pelanggan Nasional 2020 XL Axiata Luncurkan Layanan Online XL Center

    Sambut Hari Pelanggan Nasional 2020 XL Axiata Luncurkan Layanan Online XL Center HARIANHALUAN.COM - XL Axiata berkomitmen meningkatkan level pelayanan kepada pelanggan dengan meluncurkan layanan online XL Center, Kamis (3/9). Peluncuran tersebut juga sekaligus menyambut hari pelanggan nasional 2020..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]