Ternyata Dunia Punya Senjata Ampuh Lawan Corona


Kamis, 17 September 2020 - 07:51:00 WIB
Ternyata Dunia Punya Senjata Ampuh Lawan Corona Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Petinggi Center od Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan masker merupakan 'alat kesehatan masyarakat paling kuat' yang dimiliki untuk melawan corona. Bahkan mungkin memberikan proteksi yang lebih baik ketimbang vaksin.

"Kami memiliki bukti ilmiah yang jelas bahwa masker bekerja, dan merupakan pertahanan terbaik kita," ujar Direktur CDC Robert Redfield, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (17/9/2020).

"Saya mengatakan bahkan mungkin masker lebih terjamin untuk melindungi saya dari Covid-19 daripada saat saya mengambil vaksin Covid-19."

Robert Redfield menambahkan vaksin virus corona paling potensial, yang kemungkinan akan tersedia dalam jumlah terbatas pada akhir tahun ini, kemungkinan hanya memiliki imunogenisitas 70%. Imunogenisitas adalah kemampuan vaksin untuk membangun respons imun terhadap virus.

"Jika saya tidak mendapatkan respons imun, vaksin tidak akan melindungi saya. Tetapi masker melindungi saya," ujar Robert Fedfield.

Penasihat Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan kemungkinan memproduksi vaksin Covid-19 yang sangat efektif dengan perlindungan 98% atau terjamin sangat kecil.

CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekarang menyarankan orang memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona, yang menyebar melalui droplet saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. CDC mengatakan masker yang menutupi mulut dan hidung "sangat penting" ketika orang tidak dapat menjaga jarak satu sama lain.

Laksamana Brett Giroir, asisten sekretaris kesehatan di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, mengatakan mengenakan masker "adalah salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran". Itu karena orang yang terinfeksi dan tidak menunjukkan gejala masih bisa menyebarkan virus. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]