Apa Beda antara Covid-19, Mers dan Ebola? Ini Penjelasan Ahli


Kamis, 17 September 2020 - 12:48:08 WIB
Apa Beda antara Covid-19, Mers dan Ebola? Ini Penjelasan Ahli ilustrasi penyebaran Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Ahli epidemiologi dan dokter penyakit menular, Katie Passaretti, MD di Atrium Health menyatakan, Covid-19 cukup berbeda dengan penyakit menular lainnya. Dalam hal ini, dia membandingkan Covid-19 dengan ebola hingga Mers. "Ebola dan Mers sangat merusak individu yang terinfeksi, tapi kami mampu menahan virus tersebut agar tidak menyebar di dalam masyarakat yang lebih luas," kata Katie Passaretti.

"Covid-19 tidak terlalu mematikan bagi individu, tapi jelas kami kurang berhasil dalam mengendalikan penyebarannya," imbuhnya. 

Penyebaran yang cepat dalam masyarakat adalah masalah paling utama pada Covid-19. "Covid-19 dapat menyebar dengan sangat mudah di masyarakat, bahkan dari orang-orang  sebelum mereka tahu bahwa mereka memiliki gejala atau tanpa gejala sama sekali," kata Dr. Passaretti. 

"Ini benar-benar membutuhkan tanggapan masyarakat untuk mengendalikan penyebarannya, tidak bisa hanya rumah sakit yang berfokus pada pasien dengan gejala yang paling parah," imbuhnya.

Dalam kasus ini, dia mengatakan memakai masker dan tinggal di rumah menjadi hal penting penting untuk menjaga virus tetap terkendali. Sayangnya, praktik yang digunakan untuk mengendalikan wabah Covid-19 tidak diterapkan secara tertib. "Seiring waktu banyak orang mengalami kelelahan," kata Dr. Passaretti. 

Dokter Passaretti menyatakan bahwa dengan sedikit perubahan perilaku kesehatan, Covid-19 mungkin bisa dikendalikan. Khususnya dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan yang telah dianjurkan. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]