Satgas COVID-19: Kampanye Pilkada dengan Kerumunan Dilarang


Kamis, 17 September 2020 - 18:17:17 WIB
Satgas COVID-19: Kampanye Pilkada dengan Kerumunan Dilarang Ilustrasi. Pemakaman korban COVID-19

HARIANHALUAN.COM- Adanya larangan seluruh kegiatan kampanye untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang menyebabkan kerumunan, kemabi ditegaskan  Satuan Tugas Penanganan COVID-19 .

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis, menyampaikan hal itu terkait polemik pagelaran konser musik, bazar dan jalan santai sebagai medium berkampanye para calon kepala daerah di Pilkada 2020.

“Jangan ciptakan kerumunan karena kerumunan tersebut berisiko meningkatkan penularan. Dan semua kegiatan kampanye yang menimbulkan kerumunan dan potensi penularan, itu dilarang,” kata Wiku konferensi pers daring dari Kantor Presiden Jakarta.

Wiku mengatakan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020, yang merupakan perubahan dari Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020, telah mengatur larangan kampanye yang menimbulkan kerumunan massa.

Para calon kepala daerah diminta untuk menggunakan cara-cara kampenye yang sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Silahkan berkampanye dengan cara lain supaya betul-betul bisa melindungi keselamatan masyarakat,” ujarnya.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, tahapan Pilkada dapat tetap dilakukan namun dengan tetap mengedepankan keselamatan masyarakat.

“Prinsip solus populi suprema lex artinya keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi Itu yang harus kita jaga betul,” ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]