Cegah Covid-19 Merebak, 331 Guru dan Kepsek di Pasaman Uji Swab Massal


Kamis, 17 September 2020 - 19:25:53 WIB
Cegah Covid-19 Merebak, 331 Guru dan Kepsek di Pasaman Uji Swab Massal Petugas Dinkes Pasaman saat pelaksanaan tes swab.

HARIANHALUAN.COM - Memutus rantai penularan Covid-19, Gugus tugas pencegahan penanggulangan virus Corona Kabupaten Pasaman, melaksanakan tes usap (swab) massal bagi guru dan para kepala Sekolah Dasar (SD).

Hal ini dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr Rahadian Suryanta Lubis. Ia mengatakan swab massal itu dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 bagi kalangan guru di tingkat Sekolah Dasar (SD).

"Adapun sasaran swab massal hari ini, adalah guru dan kepala SD se-Pasaman dengan target 331 orang," ujar Ade, biasa ia disapa, Kamis (17/9/2020).

Pelaksanaan swab massal, kata dia, juga dilakukan di tiga tempat berbeda yaitu Bonjol, di Puskesmas Bonjol, Padanggelugur di Puskesmas Tapus dan basement Kantor Bupati Pasaman untuk di Lubuksikaping. 

"Nanti kita cek sudah berapa orang guru dan kepsek yang sudah mengikuti swab dari target 331 orang ini. Untuk seluruh sampel tes swab akan langsung dikirimkan ke Laboratorium FK Unand di Padang," imbuhnya. 

Ia berharap, para tenaga pendidik di daerah itu kooperatif mengikuti tes swab massal, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan dunia pendidikan. 

"Kita harapkan kesadaran bersama para guru ini untuk melakukan swab. Ini ikhtiar kita memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini," ucapnya.

Rahadian menambahkan, sebanyak 19 orang warga hasil tracking yang  kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang meninggal di Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan, beberapa waktu lalu, hasilnya negatif.

"Selain itu, kami juga sudah melakukan tracking kepada warga yang sempat kontak erat dengan tiga pasien positif Covid-19 di Kecamatan Tigonagari. Setidaknya, ada 68 orang warga sudah menjalani swab, Rabu (16/9/2020). Mudah-mudahan hasilnya juga negatif," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, jumlah kasus positif Covid-19 di Pasaman sudah mencapai 14 orang. Dengan rincian 7 orang sudah sehat, 6 orang tengah menjalani isolasi mandiri dan satu orang meninggal dunia.

"Untuk itu kami minta kepada masyarakat agar senantiasa disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak kontak sosial," tutup Ade. (*)
 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]