Gunakan Helikopter, Pemkab Solsel Temukan Puluhan Titik Potensi Banjir dan Longsor


Jumat, 18 September 2020 - 16:45:31 WIB
Gunakan Helikopter, Pemkab Solsel Temukan Puluhan Titik Potensi Banjir dan Longsor Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melakukan pemetaan wilayah hulu ke hilir sungai dan hutan yang rawan mengalami bencana banjir dan longsor menggunakan helikopter.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melakukan pemetaan wilayah hulu ke hilir sungai dan hutan yang rawan mengalami bencana banjir dan longsor menggunakan helikopter. Dalam pemetaan menggunakan jalur udara itu ditemukan puluhan titik sungai dan hutan yang berpotensi mengalami bencana alam.

Kepala BPBD Solsel, Richi Amran mengatakan pemantauan udara dengan helikopter tersebut dilakukan, Kamis (16/9/2020) bersama BPBD Sumbar, dalam mengatasi dampak bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi diakhir 2020 atau di awal 2021.

"Ketika intensitas hujan tinggi atau terus menerus melanda Solsel yang dapat mengancam keberadaan rumah penduduk. 
Potensi banjir, longsor dan galodo di akhir tahun ini atau awal tahun 2021 harus dipetakan. Bila tidak, potensi longsor dihulu sungai bisa memicu bencana alam," kata Richi Amran, Jumat (18/9/2020).

Hasil pengamatan udara itu, terdapat puluhan titik potensi yang bisa memicu bencana. Bukan saja dialiran sungai besar dan kecil. Akan tetapi dihutan-hutan yang dibawahnya mengalir sungai.

"Kondisi ini banyak ditemukan dalam penyisiran udara. Sebab itu meski dilakukan pencegahan sebelum terjadi bencana alam. Puluhan titik potensi banjir dan longsor ini, nanti akan kita survei jalur darat. Lewat udara, kita hanya untuk memastikan titik mana yang meski akan kita tempuh," ujarnya.

Wilayah yang disisir mulai dari hilir hingga ke hulu sungai, dari Sungai Batang Bangko, Batang Suliti, Batang Liki, dan lainnya. Dan sejumlah hutan yang keberadaannya di hulu sungai.

"Solsel adalah daerah yang rawan akan bencana alam dan langganan banjir dan galodo setiap akhir tahun dan di awal tahun," jelasnya. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]