Kantor SAR Mentawai dapat Truk Boks Lengkap Peralatan CSSR dari Basarnas


Sabtu, 19 September 2020 - 07:02:45 WIB
Kantor SAR Mentawai dapat Truk Boks Lengkap Peralatan CSSR dari Basarnas Mobil truk boks lengkap dengan peralatan Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) atau penyelamatan korban pada bangunan runtuh.

HARIANHALUAN.COM - Kantor SAR kelas B Mentawai mendapatkan kiriman dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Pusat yakni satu alat utama (Alut) berupa 1 unit mobil truk boks lengkap dengan peralatan Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) atau penyelamatan korban pada bangunan runtuh. 

"Alhamdulillah hari ini kita telah mendapatkan satu unit truk boks lengkap dengan peralatan CSSR, kita kan kantor baru di Sumatera Barat, kantor-kantor SAR lain rata-rata sudah dapat, kita terima dalam kondisi semuanya baru dan siap digunakan," kata Akmal, Kepala Kantor SAR Mentawai, Jumat (19/09), di ruang kerjanya. 

Ia menyebutkan mobil dan peralatan CSSR tersebut akan dipergunakan dalam menyelamatkan atau evakuasi korban reruntuhan bangunan, di samping itu mobil tersebut juga memiliki alat penyelamatan di air dan darat.

"Kalau terjadi gempa lalu bangunan runtuh dan didalamnya ada korban, langsung kita geser saja mobil ini ke lokasi, karena di dalamnya sudah lengkap, nanti sampai di lokasi baru buat tenda dan rencana Operasi SAR," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya apabila bencana alam gempa bumi itu terjadi di Pulau Siberut atau Sikakap pihaknya akan meminta bantuan kapal antar pulau jenis roro untuk menyeberangkan peralatan tersebut ke lokasi.

"Mentawai kan luas dan kita hanya punya peralatan satu set lengkap dengan mobilnya, nah apabila nanti kejadian gempa di Siberut atau di Sikakap dan membutuhkan operasi CSSR maka kita minta kapal antar pulau untuk ke lokasinya, atau hanya peralatan CSSR saja yang kita bawa bisa," sebutnya.

Sementara itu untuk, personel yang akan mengoperasikan peralatan tersebut kata dia khususnya tenaga rescuer rata-rata sudah tahu, namun latihan menggunakan alat tersebut terus dilakukan, meningkatkan kemampuan setiap personel yang siap dengan operasi itu.

"Kalau personel kita tentu siap, kemudian saat ini kita masih akan ada penambahan personel yang saat ini sedang proses ujian SKB, untuk peralatan kita sudah mulai memadai, namun kalau kita lihat wilayah, kita masih butuh tambahan peralatan tetapi apabila sudah terbangun Pos SAR di Siberut dan Sikakap," pungkasnya.(*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]