Resmikan Minimarket, Bupati Pessel juga akan Bangun Pasar di GPU


Ahad, 20 September 2020 - 08:25:04 WIB
Resmikan Minimarket, Bupati Pessel juga akan Bangun Pasar di GPU Bupati Pesisir Selatan, H Hendrajoni tengah meresmikan Mini Market  GPU Mart  Nagari Gurun Panjang Utara Kecamatan Bayang Pesisir Selatan, Sabtu (19/9/2020). (M. Joni)

HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni akan membangun sebuah pasar di Nagari Gurun Panjang Utara Pesisir Selatan pada 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan bupati pada peresmian minimarket GPU Mart yang dikelola oleh Bumnag. Peresmian tersebut ditandai dengan penguntingan pita oleh Bupati, Sabtu (19/9/2020).

Menurutnya, pembangunan pasar nagari yang berlokasi dekat dengan bangunan minimarket Gurun Panjang Utara (GPU) Mart milik Nagari in nantinya akan dibiayai melalui dana APBD Pesisir Selatan sesuai dengan usulan masyarakat dalam rangka menumbuhkan perekonomian. Menurutnya, keberadaan pasar nagari  merupakan sebagai tempat transaksi jual beli berbagai kebutuhan masyarakat.

"Namun, pihak pemerintahan Nagari diminta agar dapat membebaskan tanah lokasi pasar supaya nanti dalam pelaksanaan pembangunannya tidak menemui kendala," kata Hendrajoni.

Selain pembangunan pasar juga akan dilaksanakan pembangunan normalisasi alur sungai batang Lumpo yang menghubungkan dua kecamatan yaitu, Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Bayang Pessel dengan melintasi beberapa Nagari yang ada di sepanjang bantaran sungai tersebut. Sungai batang lumpo yang kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan sering menyebabkan banjir.

"Terutama, banjir yang menggenangi empat Nagari di Kecamatan Bayang yaitu, nagari Gurun Panjang Utara, Nagari Gurun Panjang Induk, Nagari Gurun Panjang Selatan dan nagari Gurun Panjang Barat. Sudah banyak menelan korban dan kerugian terhadap masyarakat serta pemerintah daerah," ulasnya.

Tentunya, kata Hendrajoni, pada tahun 2021, pembangunan normalisasi alur sungai batang Lumpo dengan pelurusan alur sungai mulai dilaksanakan, dengan selesainya pembangunan normalisasi alur sungai tersebut, masyarakat akan bebas dari ancaman banjir, akses transportasi dari Nagari Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel menuju Pasar Baru, Kecamatan Bayang yang sering terputus akibat  terendam banjir akan kembali berlajan lancar.

Hendrajoni juga mengajak semua lapisan masyarakat dalam kondisi Covid-19 ini untuk sadar. Sebab, telah banyak korban akibat penularan virus yang membahayakan ini. Bahkan, bagi masyarakat yang terkena virus tersebut dalam waktu 14 hari saja bisa mengalami kematian yang tidak diharapkan. "Makanya, kita minta masyarakat tetap mematuhi aturan protokol, pakai masker, atur jarak dan sering cuci tangan," tutur Bupati.

Sementara, Wali Nagari Gurun Panjang Utara Kecamatan Bayang Zainul Arifin menyampaikan, pembangunan minimarket milik Bumnag Nagari Gurun Panjang Utara itu sebelumnya memanfaatkan KUD yang sudah lama fakum. Inisiasi dan kebersamaan dari tokoh masyarakat, pemerintahan Nagari dan pendiri KUD, minimarket yang habiskan dana sekitar Rp200 juta itu bisa direalisasikan.

Peresmian GPU Mart tersebut dihadiri oleh sejumlah Kepala Perangkat Daerah (PD), para ninik mamak, tokoh masyarakat, para Wali Nagari se-Kecamatan Bayang, Camat Bayang, Danramil 06 Bayang, Polsek Bayang dan masyarakat setempat. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]