Jalan Pasar Baru Menuju Alahan Panjang akan Rampung di Tahun 2021


Ahad, 20 September 2020 - 08:50:11 WIB
Jalan Pasar Baru Menuju Alahan Panjang akan Rampung di Tahun 2021 Bupati Hendrajoni tengah menyampaikan program pembangunan daerah Pesisir Selatan di hadapan masyarakat Nagari Kapujan. (M. Joni)

HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dalam kunjungan kerjanya ke Nagari Kapujan, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (19/9/2020) mengatakan, pada tahun 2021 pembangunan jalan dari Pasar Baru, Pessel menuju Alahan Panjang, Kabupaten Solok akan rampung. Jika selesai, dipastikan potensi pertumbuhan ekononi di dua daerah tersebut akan semakin berkembang. 

Selain itu, Pemda setempat juga akan membangun bendungan air terjun di Bayang Sani, Nagari Koto Baru. Bendungan tersebut di dalamnya akan dibangun kolam renang untuk menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Selatan. Sedangkan, air dari bendungan tersebut juga dapat berfungsi sebagai irigasi lahan sawah milik masyarakat di Kecamatan Bayang.

Menurut Bupati, pemerintah juga telah berhasil membangun Pasar Nagari Koto Berapak dan pembangunan Puskesmas rawat inap yang megah di Nagari setempat. Pihaknya mengharapkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pessisir Selatan yang juga anggota Komisi VIII DPRD Pessel Lisda Hendrajoni akan terus berupaya menggenjot berbagai bantuan dari pusat untuk pembangunan di Pessel.

"Selama ini telah banyak pembangunan yang dilakukan oleh anggota Komisi VIII DPR RI tersebut untuk kemajuan pembangunan daerah Pessel, seperti, pembangunan bedah rumah layak huni, PKH dan berbagai kegiatan sosial, termasuk bantuan kursi roda, bibir sumbing dan lainnya," jelas Hendrajoni.

Dikatakannya, dengan terbukanya pembangunan Jalan Pasar Baru, Kecamatan Bayang Pessel menuju Kabupaten Solok, ekonomi masyarakat akan tumbuh berkembang. "Ikan segar dari Pesisir Selatan dapat dipasarkan ke Kabupaten Solok, sementara sayur-sayur dari Alahan Panjang juga dapat dijual di Pesisir Selatan," tutur Bupati. 

Yang lebih membanggakan, dua daerah ini juga memiliki potensi wisata. Artinya, hubungan lalulintas daerah bertengga tersebut akan berjalan lancar, ditambah dengan minat wisata berkunjung ke dua daerah tersebut semakin tinggi. "Selain wisata dan ekonomi, jalan itu juga bisa memperpendek jarak tempuh dari Pessel keluar daerah," papar Bupati. 

Sementara itu, Wali Nagari Kapujan Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Supardi mengatakan, masyarakat Nagari Kapujan, Kecamatan Bayang mengharapkan kepada Bupati Hendrajoni dan pembangunan normalisasi sungai Batang Bayang agar irigasi bisa berjalan lancar. Menurutnya, sekitar 75 hentar lahan pertanian masyarakat tidak lagi produktif karena irigasi yang tidak lagi berfungsi disebabkan banjir. 

"Masyarakat Kapujan sangat membutuhkan normalisasi alur sungai agar irigasi untuk pengairan lahan pertanian milik masyarakat kembali lancar," jelasnya.

Selain itu, mereka juga membutuhkan pembangunan sebanyak 100 unit rumah layak huni. Sebab, kondisi saat ini masih banyak masyarakat miskin yang membutuhkan, terutama di Kapujan. "Kemudian, daerah paling ujung di Kecamatan Bayang ini juga membutuhkan pembangunan Pasar Nagari sebagai pertumbuhan perekonomian masyarakakat," kata Supardi. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]