KPU Rilis DPS, Jumlah Pemilih Perempuan dan Laki-Laki di Dharmasraya Beda Tipis


Ahad, 20 September 2020 - 12:12:23 WIB
KPU Rilis DPS, Jumlah Pemilih Perempuan dan Laki-Laki di Dharmasraya Beda Tipis Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Jumlah total antara pemilih perempuan dan laki-laki terpantau beda tipis di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Fakta itu terlihat dari daftar Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diterbitkan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, yang mana terlihat jumlah total pemilih laki-laki berjumlah sebanyak 72.373 jiwa dan total jumlah pemilih perempuan sebanyak 72.356 jiwa dengan jumlah total pemilih sebanyak 144.729 jiwa yang tersebar di 11 Kecamatan dan 52 Kenagarian. 

Ketua KPU setempat, Maradis MA, di Dharmasraya, Minggu (20/09), mengatakan data tersebut merupakan lampiran dari berita acara rapat pleno terbuka yang diselenggarakan pihaknya terkait daftar pemilih hasil pemutakhiran data DPS pada Pilkada Serentak 2020.

"Pada data tersebut juga ditetapkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 529 lokasi dengan sebaran terbesar berada di Kecamatan Pulau Punjung sebanyak 90 TPS, disusul Kecamatan Koto Baru sebanyak 80 TPS dan Kecamatan Sitiung sebanyak 68 TPS.

Untuk sembilan kecamatan sisanya, jelas dia, jumlah sebaran TPS berkisar antara 15 hingga 46 TPS dengan jumlah TPS dan pemilih terkecil berada di Kecamatan Timpeh dengan total jumlah pemilih sebanyak 3.926 jiwa.

"Data tersebut masih memungkinkan terjadi perubahan karena untuk tahapan selanjutnya masyarakat diberikan kesempatan untuk mengusulkan perubahan dan penambahan melalui petugas PPS di tingkat nagari" katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada Serentak 2020.

"Kami segera mengumumkan dokumen Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan ditempelkan secara masif di seluruh kantor Wali Nagari dan Kantor Kecamatan serta beberapa tempat umum lainnya, " Kata Ketua KPU setempat, Maradis MA, di Dharmasraya, Sabtu (19/09). 

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga bisa melakukan pengecekan secara daring di situs www.lindungihakpilihmu.go.id.

Jika belum terdata, lanjutnya, masyarakat bisa mengisi lembaran A1 KWK yang merupakan formulir tanggapan masyarakat terkait usulan perubahan dan penambahan data pemilih sebagai upaya pembaharuan dari DPS dan akan ditetapkan melalui pleno mulai dari tingkat nagari dan kecamatan. 

"Perubahan dan penambahan tersebut akan dituangkan dalam DPSHP untuk setiap tingkatan dan terakhir akan ditetapkan sebagai dokumen Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dijadwalkan akan ditetapkan pada 28 September 2020," jelasnya.(*)
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]