Agar Keluarga Tak jadi Klaster Covid-19, Lakukan Ini Setelah Keluar Rumah


Ahad, 20 September 2020 - 16:07:26 WIB
Agar Keluarga Tak jadi Klaster Covid-19, Lakukan Ini Setelah Keluar Rumah Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Masyarakat diminta secara ketat menjalankan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini menyusul semakin banyaknya jumlah klaster keluarga atau kelompok penularan yang terjadi di tempat tinggal.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, mengingatkan masyarakat melakukan 3M saat melakukan kegiatan di luar rumah yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Bila pulang kembali ke rumah, ujar Reisa, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan virus tidak terbawa masuk.

"Selanjutnya kalau kita telah beraktivitas di luar rumah, sebelum kita masuk ke dalam rumah, kita harus menerapkan protokol kedatangan dengan baik," ujar Reisa dalam keterangan pers di kantor presiden, Jumat (18/9) lalu.

Protokol kedatangan yang dimaksud adalah melepas alas kaki di luar rumah dan membersihkan barang bawaan yang dibawa dari luar. Hal penting lainnya adalah membersihkan badan, bila perlu dengan mandi, sebelum bertemu dengan anggota keluarga di rumah. "Saya yakin kita semua pasti bisa," katanya.

Kendati begitu, di tengah pandemi yang belum usai ini Reisa tetap mengimbau masyarakat mengurangi pergerakan ke luar rumah. Bahkan bila memang tidak ada hal mendesak yang perlu dilakukan di luar, maka lebih baik tetap tinggal di dalam rumah.

"Lebih banyak di rumah saja. Keluar rumah hanya untuk kepentingan yang mendesak. Kalaupun harus keluar rumah hindari kontak fisik dengan orang lain. Sekalipun itu adalah teman kita sendiri. Jaga jarak aman minimal satu hingga dua meter," katanya. 

Sebelumnya, pemerintah menyebutkan ada lebih dari 1.000 klaster penularan Covid-19 di seluruh Indonesia. Angka tersebut didapat dari proses penelusuran atau tracing yang dilakukan oleh pemerintah melalui dinas kesehatan daerah atau puskesmas, terhadap seluruh pasien konfirmasi positif Covid-19. Melalui tracing pula, pihak-pihak yang sempat melakukan kontak dengan kasus positif akan diperiksa. 

"Dalam konteks tracing atau pelacakan jajaran Kementerian Kesehatan sudah menemukan lebih dari 1.000 klaster di seluruh Indonesia. Klaster adalah kelompok penularan lokal yang berkaitan dengan rantai penyebaran," ujar Reisa.

Ia menjelaskan, klaster atau kelompok penularan lokal ini bisa terjadi di mana saja, termasuk tempat tinggal hingga perkantoran. Tempat bertemunya banyak orang tentu memberi risiko penularan yang lebih tinggi.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 16:11:26 WIB

    Jangan Asal Pakai, Berikut Etika Bermasker Agar Terhindar Covid-19

    Jangan Asal Pakai, Berikut Etika Bermasker Agar Terhindar Covid-19 HARIANHALUAN.COM – Pakar mengatakan memakai masker dapat menyaring 95 persen virus yang dapat menulari penyakit melalui hidung dan mulut, seperti halnya COVID-19. Kendati demikian, banyak yang belum memahami dengan tepat.
  • Senin, 07 September 2020 - 16:37:12 WIB

    Anda Sering Sakit Kepala? Hindari 5 Makanan Ini agar Tak Makin Parah

    Anda Sering Sakit Kepala? Hindari 5 Makanan Ini agar Tak Makin Parah HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 50 persen populasi orang dewasa di dunia pernah mengidap sakit kepala. Meski terlihat sepele, namun sakit kepala juga termasuk penyakit yang cukup mengganggu bagi si penderita..
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:46:18 WIB

    Dear Bumil, Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Janin Kuat

    Dear Bumil, Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Janin Kuat HARIANHALUAN.COM - Asupan nutrisi, vitamin dan mineral diperlukan untuk membentuk pertumbuhan janin kuat di dalam rahim. Masa kehamilan adalah waktu untuk menjaga asupan nutrisi dengan tepat. Terlebih banyak makanan sehat yan.
  • Senin, 27 Juli 2020 - 23:56:44 WIB

    Cara Jitu Agar Kesehatan Santri dan Anak Asrama Tetap Prima

    Cara Jitu Agar Kesehatan Santri dan Anak Asrama Tetap Prima HARIANHALUAN.COM - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr Sri Rezeki Hadinegoro SpA(K) mengungkapkan, santri dan anak-anak asrama harus diperhatikan kesehatannya di masa pandemi seperti saat ini. Ia pun.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 19:55:33 WIB

    Jangan Asal Minum Madu, Begini Aturannya agar Bermanfaat untuk Kesehatan

    Jangan Asal Minum Madu, Begini Aturannya agar Bermanfaat untuk Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Madu merupakan cairan alami yang kaya manfaat. Madu dapat diminum setiap hari, tapi tak boleh berlebihan karena tinggi gula. Berikut aturan minum madu agar bermanfaat untuk kesehatan..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]