Terungkap! Ini Sosok Sutradara dan Otak Damai Prabowo dengan Megawati dan Jokowi


Ahad, 20 September 2020 - 16:17:52 WIB
Terungkap! Ini Sosok Sutradara dan Otak Damai Prabowo dengan Megawati dan Jokowi Prabowo Subianto

HARIANHALUAN.COM - Sufmi Dasco Ahmad ditunjuk menjadi Ketua Harian DPP Partai Gerindra. Ia berperan menjalankan partai di saat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disibukkan tugas sebagai menteri pertahanan.

Dikutip dari situs partaigerindra.or.id, Dasco merupakan salah satu pendiri Partai Gerindra. Pada 2007, ia bersama sejumlah tokoh, seperti Hasyim Djojohadikusumo, Fadli Zon, Ahmad Muzani, dan Muchdi Pr menggagas sebuah partai baru.

Awalnya, kelompok itu sempat berpikir untuk berjuang menggunakan partai politik yang ada. Kebetulan saat itu Prabowo menjabat Anggota Dewan Penasihat Partai Golkar.

Namun ide itu tak jadi dijalankan karena posisi ketua umum saat itu dijabat Jusuf Kalla. Posisi JK terlampau kuat karena juga sedang menjabat wakil presiden. Setelah persiapan panjang, Partai Gerindra resmi didirikan 6 Februari 2008 dengan Prabowo sebagai ketua umum.

Seiring berjalannya waktu, Dasco dipercaya menjadi pimpinan Gerindra. Pada kepengurusan periode 2015-2020, Dasco menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra. Namun nama Dasco tak semengkilap sejawatnya, Fadli Zon ataupun Ahmad Muzani.

Titik terpenting karier politik Dasco terjadi usai Pilpres 2019. Gerindra dan Prabowo-Sandi yang baru saja kalah, sedang mencari bentuk jelang perumusan kabinet periode 2019-2024.

Politikus Partai Gerindra Habiburokhman pernah menyebut bahwa Dasco adalah satu aktor di balik kemesraan Prabowo dan Joko Widodo. Bersama Budi Gunawan, Dasco merancang rekonsiliasi antara Prabowo-Jokowi dalam senyap.

Dasco disebut sebagai orang yang merancang pertemuan Prabowo-Megawati di Teuku Umar, Jakarta. Dasco pula yang mendesain pertemuan Jokowi-Prabowo di MRT Jakarta.

Berkat manuver senyap Dasco, Gerindra diajak masuk kabinet dan mendapat jatah dua kursi menteri. Prabowo pun bersedia menjadi Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi.

Tak hanya sebagai jembatan, Dasco juga meraih jabatan untuk dirinya sendiri. Pada periode 2019-2024, Dasco menduduki jabatan Wakil Ketua DPR RI mewakili Fraksi Partai Gerindra. Demikian cnnindonesia.com.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]