Pilkada 2020, Pesta Demokrasi Milik Milenial di Masa Pandemi


Ahad, 20 September 2020 - 18:23:28 WIB
Pilkada 2020, Pesta Demokrasi Milik Milenial di Masa Pandemi Ilustrasi

Tepat pada 09 Desember 2020 yang akan datang akan dilaksanakannya Pilkada Serentak, pemilihan Bupati dan wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur, tentu sebagai warga negara kita akan menggunakan hak suara kita, dengan mendatangi TPS-TPS yang berada di daerah kita masing-masing.

Oleh: Armizen Wahit, S.Th.I, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Sebanyak 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota yang tersebar di seluruh Indonesia, dilaksanakan Pilkada serentak, berdasarkan PERPU no 02 tahun 2020.

Pesta demokrasi hari ini harus sangat memperhitungkan peran dan suara dari kaum milineal Dangan jumlah pemilih milineal mencapai 70 juta jiwa sampai 80 juta jiwa dari 193 juta pemilih, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU). Artinya sekitar 35-40 persen memiliki pengaruh besar terhadap hasil pemilu dan menentukan siapa pemimpin pada masa mendatang.

Dalam hal ini, partisipasi politik generasi milineal tentu sangat subtansial karena dari presentase jumlah pemilih, generasi milineal menyumbang suara cukup banyak dalam keberlangsungan Pilkada 2020 sekarang.

Dengan peran generasi milineal sebagai pemilih yang memiliki sumbangsih terhadap suara hasil pemilihan yang cukup besar maka posisi generasi milineal menjadi sangat strategis.

Kewajiban kaum milineal adalah memegang kendali untuk dunia politik. Bersikap aktif untuk mengkritisi kebijakan pemerintah dan generasi milineal tidak hanya berdiam diri mengiyakan tindakan politik, akan tetapi harus mengawal berjalan pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada 09 Desember 2020.

Pada pesta demokrasi ini, Pimilukada adalah satu-satunya sarana alternatif yang  digunakan  negara kita ini, di karenakan Indonesia menganut azaz Demokrasi.

Pesta demokrasi hari ini sangat terusik dengan hadirnya musibah non alam yang sama-sama kita ketahui (Covid-19) yang tak asing bagi kita, dikarenakan kehadiran wabah ini sudah hampir satu tahun menyerang belahan dunia termasuk negara Indonesia.

wabah covid-19 menjadi momok yang selalu menghantui sampai ke pelosok negeri sehingga kita dihadapi untuk selalu mematuhi protokoler kesehatan dengan sebutan 3 M: menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

Menanggapi hal tersebut, Managing Director Wasa Strategi Consulting Joko Wiyono berharap, generasi milineal Indonesia punya peran penting agar virus covid-19 tidak meluas.

Tentu kaum milineal bisa memberikan informasi, dan edukasi tentang pesta demokrasi yang diselenggarakan pada  masa pendemik ini, dengan menggunakan dua cara; yang pertama tatap muka dengan mematuhi protokoler kesehatan dan yang kedua melalui digital, seperti media sosial, dering, dalam bentuk upaya menghindari penyebaran wabah Covid-19 ini, sesuai diatur dalam PKPU No 06 tahun 2020.

Penggunaan digital, tentunya banyak diminati oleh  para kalangan milineal Sehingga kalangan Milineal sangat berperan aktif, sebagai sarana Informatif dan edukatif kepada masyarakat, membangun Pilkada Serentak 9 Desember 2020, yang bersih, jujur dan adil serta terhindar dari penyebaran wabah covid-19. (**)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 11:53:06 WIB

    Keterlibatan Politik: Omnibus Law dan Pilkada Serentak

    Keterlibatan Politik: Omnibus Law dan Pilkada Serentak Keterlibatan politik sering diidentikkan dengan partisipasi politik, yang awalnya mengacu pada pemungutan suara dalam pemilihan umum atau kontestasi politik lainnya. Namun demikian, dalam banyak literatur, konsep tersebut tel.
  • Senin, 28 September 2020 - 18:20:49 WIB

    Pilkada 2020 Tetap Digelar Pemerintah, Hak Warga Negara Mendapatkan Kesehatan Dilanggar

    Pilkada 2020 Tetap Digelar Pemerintah, Hak Warga Negara Mendapatkan Kesehatan Dilanggar Presiden Joko Widodo memutuskan tidak menunda pelaksanaan Pilkada 2020 meski Pandemi Covid-19 masih tinggi-tingginya di Indonesia. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan usulan dari semua pihak. Hal tersebut dijelaska.
  • Jumat, 25 September 2020 - 08:57:48 WIB

    Jangan Biarkan Pilkada 2020 Menjadi Pesta Demokrasinya Covid-19

    Jangan Biarkan Pilkada 2020 Menjadi Pesta Demokrasinya Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pilkada serentak kali ini berbeda dengan gelaran serupa sebelumnya. Tahun ini pilkada serentak yang akan digelar di 270 daerah dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah kalangan khawatir jika pilkada s.
  • Rabu, 23 September 2020 - 12:29:43 WIB

    Pilkada 2020, Pandemi, dan Praktik Politik Uang Meraih Jabatan

    Pilkada 2020, Pandemi, dan Praktik Politik Uang Meraih Jabatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota secara serentak pada, 9 Desember 2020 di tengah pandemi. Karenanya tantangan pen.
  • Ahad, 20 September 2020 - 18:18:01 WIB

    Positif Covid-19 Meningkat, Kampanye Pilkada Tetap Lanjut

    Positif Covid-19 Meningkat, Kampanye Pilkada Tetap Lanjut Pemilihan umum kepala daerah serentak yang semakin hari kian dekat, masing masing pasangan calon (paslon) semakin sibuk mengkampanyekan dirinya guna memenangkan pilkada yang akan berlangsung desember mendatang, bermacam maca.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]