143 Perusahaan Asing Tertarik Investasi di Indonesia


Ahad, 20 September 2020 - 21:32:07 WIB
143 Perusahaan Asing Tertarik Investasi di Indonesia Dok kontan.co.id

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 143 perusahaan asing tertarik merelokasi usahanya ke Indonesia. Dari 143 perusahaan tersebut, terbagi menjadi tiga kelompok. Hal ini berdasarakan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kelompok pertama adalah tujuh perusahaan yang sudah memastikan melakukan relokasi investasi ke Indonesia, dengan lokasi usaha tersebar di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. 

Juru Bicara BKPM Tina Talisa menyampaikan, bahkan salah satu dari tujuh perusahaan tersebut sudah melakukan ground breaking di Subang Jawa Barat yaitu perusahaan asal Taiwan, Meiloon Technology.  Kelompok kedua adalah 17 perusahaan yang berencana melakukan relokasi investasi.

"Saat ini posisinya dalam tahap penjajakan 70%-80%, dan ada beberapa yang sudah penjajakan 90%," kata Tina dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (20/9). 

Kelompok ketiga sebanyak 117 perusahaan yang potensial melakukan relokasi investasi ke Indonesia. Dengan demikian totalnya menjadi 143 perusahaan, yang mana negara-negara asal perusahaannya dari Amerika Serikat, Jepang Korea Selatan, Taiwan, dan China.

Sebagai catatan, berdasarkan daerahnya, realisasi investasi di Jawa sebesar Rp 208,9 triliun atau setara 51,9% dari total investasi sebesar Rp 402,6 triliun di semester I-2020. Sementara itu, pencapaian investasi di luar Jawa senilai Rp 193,7 triliun.

Kendati begitu, sebetulnya di paruh pertama tahun ini sudah mengindikasikan investasi yang lebih merata. Sebab, pada Januari-Juni 2019, realisasi investasi di Jawa mencapai 55,1% dari total investasi senilai Rp 395,6 triliun, sedangkan luar Jawa hanya 44,9%.

Bila ditelisik, dari sisi penanaman modal asing (PMA) pada paruh pertama tahun ini daerah luar Jawa yang paling banyak berasal dari Maluku Utara dengan realisasi investasi senilai US$ 994,6 juta dari 72 proyek. 

Dari sisi penanaman modal dalam negeri (PMDN) di luar Jawa paling tinggi bertempat di Riau yang membukukan realisasi sebesar Rp 14,9 triliun yang tersebar ke dalam 1.487 proyek. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2020 - 12:05:33 WIB

    Mantap! 143 Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasi ke RI

    Mantap! 143 Perusahaan Asing Mau Pindahkan Investasi ke RI HARIANHALUAN.COM - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat ada 143 perusahaan asing yang berpotensi merelokasi atau memindahkan investasinya ke Indonesia. Dari potensi tersebut, terdapat tiga perusahaan yang sudah me.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]