Soal Dentuman Langit Jakarta, Ini Jawaban Ilmiah Ahli Astronomi


Senin, 21 September 2020 - 08:06:49 WIB
Soal Dentuman Langit Jakarta, Ini Jawaban Ilmiah Ahli Astronomi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Heboh suara seperti dentuman di langit Langit Jakarta Minggu 20 September 2020 gemparkan warga Jakarta dan Jagat Maya,

Namun para ilmuan NASA suara keras menyerupai dentuman tersebut mengindikasikan suara latar bumi. Suara tersebut memang nyata berasal dari bumi dan itu merupakan sesuatu yang alamiah dan ada setiap waktu.

Sementara Para ilmuwan lain mengatakan suara mirip terompetsangkakala tersebut bisa berasal dari bencana alam seperti gempa bumi, gelombang air pasang, sampai ledakan gas metana.BACA JUGA- Viral di TikTok, Polisi Magelang Buru Wanita Pamer Pantat saat Naik Skutik

Sedangkan peneliti dari US Geological Survey, David Hill menuturkan, gempa bumi kecil di bawah permukaan Bumi bisa memancarkan suara yang berasal dari pecahan kerak Bumi.

Selain itu, Hill juga berpendapat, suara tersebut bisa saja terpancar dari meteor, teori ini didapat berdasarkan analisis program riset pemerintah AS High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) menyatakan suara itu berasal dari pengaruh dari lini daya listrik, radiasi elektromagnetik, tekanan tinggi gas, dan jalur komunikasi perangkat nirkabel

Warga Jakarta dan netizen kembali dihebohkan dengansuara dentumanyang kembali terdengar beberapa kali pagi ini.Suara dentuman sebelumnya terdengar Minggu (20/9/2020) malam.

"Senin (21/9) sejumlah warga kembali menginformasikan bahwa mereka mendengar dua kali suara dentuman pada pagi hari ini. Belum diketahui secara pasti asal suara dentuman tersebut. Adakah yang mendengar," tulis akunInstagram jktinfo.

Sejumlah netizen pun mengaku kembali mendengar suara dentuman. "Denger min jelas 5.25 kirain geluduk tapi cuaca udah langit biru ga ada awan mendung padahal lalu itu suara apa ya min ???" jawab akunmahfur051089. (*)

loading...
 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:06:27 WIB

    Persoalan Utang Piutang, Kerabat Presiden Jokowi Dibunuh

    Persoalan Utang Piutang, Kerabat Presiden Jokowi Dibunuh HARIANHALUAN.COM - Seorang perempuan bernama Yulia yang disebut sebagai kerabat Presiden Jokowi dibunuh karena persoalan utang piutang. Yulia dibunuh dengan sadis menggunakan linggis. Hal itu diungkap kepolisian. Polisi sudah.
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 18:41:53 WIB

    Kapolsek: Diduga Ada Persoalan Internal Keluarga, Rozalia Ngambek dan Pergi dari Rumah

    Kapolsek: Diduga Ada Persoalan Internal Keluarga, Rozalia Ngambek dan Pergi dari Rumah HARIANHALUAN.COM - Kapolsek Sungai Pagu AKP Elfi Indra menyatakan Rozalia (28) yang sebelumnya diduga hilang akhirnya berhasil ditemukan dengan kondisi selamat di sebuah rumah kosong yang berjarak sekitar 50 meter dari kediam.
  • Jumat, 25 September 2020 - 08:28:01 WIB

    Riset ITB Soal Potensi Tsunami 20 Meter, Begini Kata BMKG

    Riset ITB Soal Potensi Tsunami 20 Meter, Begini Kata BMKG HARIANHALUAN.COM - Riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkap potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa. Apakah kita siap menghadapinya? Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjawabnya.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:37:31 WIB

    Berikut 6 Fakta Terkait soal Penyerangan Polsek Ciracas

    Berikut 6 Fakta Terkait soal Penyerangan Polsek Ciracas HARIANHALUAN.COM - Polsek Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim), dirusak sejumlah orang tak dikenal pada dini hari tadi, sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (29/8/2020). Gedung polsek hingga kendaraan menjadi sasaran perusakan. Mobil y.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 16:52:17 WIB

    Soal Video Penganiayaan Anak Dibawah Umur, Keluarga Buka Suara

    Soal Video Penganiayaan Anak Dibawah Umur, Keluarga Buka Suara HARIANHALUAN.COM - Pihak korban atas peristiwa penganiayaan anak dibawah umur yang terjadi disalah satu lapangan Kompleks Villa Mega, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Senin (29/6) lalu, sekitar pukul.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]