Warga Agar Patuhi Protokol Kesehatan, Tenaga Medis Sudah Lelah


Senin, 21 September 2020 - 13:00:19 WIB
Warga Agar Patuhi Protokol Kesehatan, Tenaga Medis  Sudah Lelah Ilustrasi Pasien Covid-19. Net

HARIANHALUAN.COM-Kepala Bidang Koordinator Relawan Medis Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Jossep F William  mengungkapkan tenaga medis relawan tenaga kesehatan yang berada di puskesmas ataupun rumah sakit-rumah sakit darurat mengalami keletihan dan bahkan kehabisan sumber daya manusia kesehatan cadangan.


"Tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 secara langsung banyak yang kelelahan karena harus bekerja terus-menerus akibat kasus positif COVID-19 meningkat terus sehingga membutuhkan peran masyarakat dalam meminimalkan penularan dengan mematuhi protokol kesehatan," ujarnya  dalam keterangan melalui telekonferensi di Jakarta, Senin (21/9/2020)

Jossep menyebutkan, pihaknya kembali berkomunikasi pada organisasi profesi baik dokter ataupun perawat agar bisa menambah jumlah SDM yang dikirim untuk penanganan pasien COVID-19.

"Memang saat ini tenaga medis cukup keletihan, tapi kita upayakan untuk tetap semangat karena kelihatannya ini masih panjang, masih terus meningkat dan belum ada tanda-tanda penurunan. Kami bekerja sama dengan organisasi profesi seperti IDI, PPNI dan lainnya untuk menyiapkan tenaga yang dibutuhkan di RS darurat," kata Jossep.

Dia menyebutkan saat ini tenaga kesehatan perawat dan bidan masih cukup tersedia yakni sekitar 2.000 orang. Namun untuk tenaga dokter, Jossep mengatakan mulai kekurangan. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 18:15:03 WIB

    Warga DKI Makin Malas 3M, Anies Ancam Tarik Rem Darurat

    Warga DKI Makin Malas 3M, Anies Ancam Tarik Rem Darurat HARIANHALUAN.COM - Tim FKM dari UNICEF di DKI Jakarta melakukan pengamatan perilaku 3M dan terjadi penurunan tren kepatuhan pada perilaku memakai masker dari 75% pada 12 Oktober 2020 menjadi 71% pada 24 Oktober 2020..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 17:42:09 WIB

    Perihal UU Ciptaker, Dua Partai Ini Paling Disorot Negatif Warganet

    Perihal UU Ciptaker, Dua Partai Ini Paling Disorot Negatif Warganet HARIANHALUAN.COM – Analis media dari Kernels Indonesia Tomi Satryatomo mengatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar paling disorot negatif oleh warganet di media sosial terkait Undang-Undang Cip.
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:48:57 WIB

    Gunung Kerinci Keluarkan Asal Tebal, Warga Dengar Suara Guntur

    Gunung Kerinci Keluarkan Asal Tebal, Warga Dengar Suara Guntur HARIANHALUAN.COM - Gunung Kerinci yang terletak di Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci pada Sabtu (17/10/2020) pagi ini mengeluarkan asap tebal setinggi 200 Meter. Informasi yang berhasil dihimpun, asap tebal yang.
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 12:20:30 WIB

    Keren Abis! Warganet Taksir Outfit Jutaan Salah Satu Pendemo

    Keren Abis! Warganet Taksir Outfit Jutaan Salah Satu Pendemo HARIANHALUAN.COM - Demo penolakan RUU Cipta Kerja yang berlangsung pada Kamis (8/10/2020), masih menjadi salah satu perbincangan hangat di media sosial. Belakangan, beredar penampilan seorang pendemo yang engenakan pakaian, h.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 13:37:29 WIB

    Ini Keistimewaan untuk Warga Asing dalam UU Omnibus Law Cipta Kerja

    Ini Keistimewaan untuk Warga Asing dalam UU Omnibus Law Cipta Kerja HARIANHALUAN.COM - UU Omnibus Law Cipta Kerja telah disahkan lewat Sidang Paripurna DPR. Dalam UU Sapu Jagat ini beberapa pasalnya memberikan sederet keistimewaan bagi warga asing..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]