Cegah Penularan Covid-19 dengan Razia Masker, Banyak Warga yang Belum Tahu


Senin, 21 September 2020 - 13:44:17 WIB
Cegah Penularan Covid-19 dengan Razia Masker, Banyak Warga yang Belum Tahu Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa

HARIANHALUAN.COM - Perwako Padang No.49 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumbar diterapkan mulai hari ini Senin (21/9/2020). Bagi masyarakat yang tidak tertib menggunakan masker, maka akan diberikan denda administratif berupa sanksi sosial membersihkan sampah.

Kemudian, sanksi lainnya seperti denda uang hingga kurungan penjara. Perda yang dilakukan tersebut bertujuan untuk dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Pada hari pertama pelaksanaan perda tersebut sudah hampir 100 orang yang terjaring razia dan mendapatkan hukuman sosial bersih-bersih.

Saat diwawancarai harianhaluan.com, Wakil Walikota Padang Hendri Septa yang meninjau langsung ke lapangan mengatakan Pemko dan Provinsi masih menunggu keputusan dari Mendagri terkait AKB tersebut. "Kita masih menunggu pengesahannya dari Mendagri. Hari ini masih menjalankan Perwako saja, yang untuk Perda belum," katanya.

Kemudian, pelaksanaan razia wajib pakai masker itu juga bertujuan untuk menyatakan pada masyarakat bahwa pemda serius dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kata Hendri Septa, setelah melakukan sosialisasi masyarakat mendukung pelaksaan AKB itu. "Kita tidak akan PSBB, Insha Allah. Dari sosialisasi yang sudah kita lakukan seminggu yang lalu masyarakat mendukung," jelasnya.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang melanggar akan diberikan sanksi sosial bersih-bersih hingga denda admistrasi berupa uang dan kurungan penjara selama dua hari. "Masyarakat benar-benar harus memikirkan jika ingin keluar rumah karena sekarang harus memakai masker. Tidak ada alasan masker lupa lagi, kita sama-sama berusaha dan berdoa agar Kota Padang khususnya kembali menjadi zona hijau," harapnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]