Cara Mudah Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa dengan Kalkulator


Selasa, 22 September 2020 - 09:51:36 WIB
Cara Mudah Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa dengan Kalkulator Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk keuangan asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri adalah salah satu layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga karena adanya kematian anggota keluarga (tertanggung) yang sebelumnya merupakan tulang punggung bagi keluarga tersebut.

Head of Public Relations, Dila Karinta menuturkan, sebelumnya, tercatat bahwa pemulihan pendapatan premi bruto asuransi jiwa pada bulan Juni 2020 telah melebihi nilai pendapatan di bulan Juni 2019.

"Sehingga terlihat kesadaran masyarakat Indonesia yang meningkat untuk memiliki asuransi jiwa dan melindungi keluarga mereka dari resiko finansial dengan mempersiapkan uang pertanggungan bagi keluarga jika mereka harus ditinggalkan atau sang tertanggung sudah tidak bisa produktif lagi," kata Dila dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Selasa (22/9/2020).

Untuk itu, mari kita simak hal-hal penting yang perlu diketahui dalam perhitungan asuransi jiwa yang tepat guna.

Apa itu Uang Pertanggungan?

Di dalam asuransi jiwa ada satu hal yang sangat perlu diperhatikan yaitu UP atau uang Pertanggungan. UP adalah jumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan asuransi jika pemegang polis mengajukan klaim atas risiko yang dijamin dalam program asuransi.

Uang pertanggungan setiap asuransi jumlahnya berbeda-beda, biasanya semakin besar premi yang dibayar maka uang pertanggungan yang dapat diterima juga semakin besar.

Umumnya, perusahaan asuransi di Indonesia memberikan uang pertanggungan antara puluhan Juta hingga miliaran Rupiah. Besar kecilnya uang pertanggungan ini selain dipengaruhi besar premi, usia, serta faktor lain yang berkaitan dengan risiko kesehatan. Tentu, semakin lama tenor yang dipilih semakin besar uang pertanggungan yang bisa dimiliki.

Namun, banyak pemegang polis yang terjebak dengan angka pertanggungan ini. Pasalnya mereka menghitung nilai pertanggungan tersebut untuk kehidupan saat ini. Padahal 20 atau 30 tahun mendatang nilai, 200 atau 500 juta Rupiah mungkin terasa sangat kecil karena kebutuhan bertambah, namun pendapatan nol.

Perhitungan uang Pertanggungan

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui berapa uang pertanggungan yang dibutuhkan nantinya oleh tanggungan, dalam hal ini keluarga Anda. Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk memperhitungkan besarnya uang pertanggungan.

1. Nilai Hidup Manusia atau Human Live Value (HLV)

Sesuai namanya, metode ini melihat Anda sebagai manusia yang memiliki “nilai ekonomi”, lantaran dapat bekerja dan menghasilkan nilai (uang) dalam jumlah tertentu. HLV dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:

UP = E X (((1+R)^ N)-1)/R

Di mana,

E = Pengeluaran / Penghasilan bulanan X 12

R = Inflasi Tahunan

N = Waktu Pertanggungan (Tahun)

UP = Uang Pertanggungan

2. Income Based Value (IBV)

Metode ini dilakukan dengan menghitung besarnya uang pertanggungan dengan memperhitungkan besarnya bunga atau return apabila uang pertanggungan yang akan diterima disimpan dalam produk investasi. IBV dapat dihitung dengan rumus berikut ini:

IBV= Penghasilan /Pengeluaran : Suku bunga deposito per bulan

Contoh perhitungan

Ibu Nerissa memiliki penghasilan sebesar Rp 10 juta rupiah per bulan, dengan asumsi suku bunga deposito adalah 6% per tahun atau 0,5% per bulan dan inflasi tahunan 3%, Berapakan UP Ibu Nerissa apabila dihitung dengan metode Human Live Value (HLV) dan Income Based Value (IBV).

- Dengan metode Human Live Value,

UP = E X (((1+R)^ N)-1)/R

UP= Rp 10 juta X 12 bulan (((1+ 3%)^20)-1) /3%

UP= Rp 3,2 miliar

Angka 20 tahun yang tercantum dalam rumus perhitungan ini adalah perkiraan waktu terkait kecukupan UP untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga Ibu Nerissa sepeninggal beliau. Patut dicatat, perhitungan HLV tidak mengikutsertakan nilai asumsi deposito atau pertumbuhan dana investasi.

- Dengan metode Income Based Value

ILV= Rp 10 Juta : 0,5% = Rp 2 milia

Embeddable Kalkulator Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa dengan kodeiframe yang dapat di-embed tanpa biaya ke laman website media atau blog Anda. Dengan kalkulator ini, Anda dapat memperhitungkan berapa besaran uang pertanggungan (UP) tanpa harus melakukan perhitungan dengan rumus yang mungkin rumit bagi sebagian orang.

Anda cukup memasukkan sejumlah nilai pada kalkulator tersebut, yakni:

- Masukkan besaran penghasilan atau pengeluaran bulanan Anda saat ini pada kolom pertama,

- Lalu, masukan jumlah tahun Anda berharap uang pertanggungan tersebut dapat meng-cover tanggungan atau keluarga Anda, misal 10 atau 20 tahun atau lebih.

- Terakhir, masukan rata-rata inflasi tahunan dalam bentuk persen.

Dalam sekejap, akan muncul angka yang merupakan hasil perhitungan uang pertanggungan (UP) Anda. Ini tentu akan amat membantu pembaca Anda dalam mensimulasikan uang pertanggungan asuransi jiwa mereka. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 Oktober 2020 - 15:12:37 WIB

    Long Weekend Akan Berakhir, Berikut Cara Kembalikan Semangat Kerja

    Long Weekend Akan Berakhir, Berikut Cara Kembalikan Semangat Kerja HARIANHALUAN.COM - Libur panjang memang menyenangkan. Tapi ada efek setelah itu, yakni rasa malas untuk kembali bekerja. Rasa malas yang timbul setelah libur panjang (post holiday blues) merupakan sesuatu yang wajar dialami o.
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:25:46 WIB

    Bikin Pupuk Kompos dari Sisa Makanan Yuk, Begini Caranya

    Bikin Pupuk Kompos dari Sisa Makanan Yuk, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Sisa makanan dapat dimanfaatkan menjadi kompos untuk pupuk berbagai tanaman di rumah. Anda dapat membuat pupuk kompos dari sisa makanan di rumah dengan mudah menggunakan bantuan komposter..
  • Jumat, 09 Oktober 2020 - 11:06:52 WIB

    Begini Cara Mudah Menabung agar Cepat Kaya

    Begini Cara Mudah Menabung agar Cepat Kaya HARIANHALUAN.COM – Banyak orang yang kesulitan menabung, apalagi ditambah dengan punya gaya hidup yang boros. Padahal banyak yang sadar akan pentingnya menabung dan manfaatnya di kemudian hari..
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 18:01:51 WIB

    Naksir Cowok? Begini Cara Merayu yang Efektif saat PDKT

    Naksir Cowok? Begini Cara Merayu yang Efektif saat PDKT HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan di University of Kansas telah menemukan teknik merayu atau flirting yang efektif bagi wanita saat PDKT dengan pria berdasarkan ilmu ilmiah..
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 12:22:13 WIB

    Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Himalaya Neem Series

    Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Himalaya Neem Series HARIANHALUAN.COM - Jerawat telah menjadi masalah yang paling banyak dialami wanita. Namun, menemukan solusi yang tepat untuk jerawat adalah masalah yang berbeda. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk menanganinya..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]