Seorang Wanita Ditangkap Polisi, Diduga Kirim 6 Surat Mengandung Racun Risin yang Dikirim ke AS Termasuk ke Trump


Selasa, 22 September 2020 - 11:09:58 WIB
Seorang Wanita Ditangkap Polisi, Diduga Kirim 6 Surat Mengandung Racun Risin yang Dikirim ke AS Termasuk ke Trump Ilustrasi

OTTAWA, HARIANHALUAN.COM -   Kepolisian Kanada baru saja menggeledah apartemen di pinggiran Montreal terkait dengan tersangka wanita yang mengirimkan enam surat mengandung racun risin mematikan. Enam surat tersebut dikirimkan ke wilayah Amerika Serikat (AS), termasuk ke Gedung Putih untuk Presiden Donald Trump.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (22/9/2020), seorang tersangka wanita telah ditangkap di perbatasan AS dan Kanada, dekat Buffalo, New York, pada Minggu (20/9) waktu setempat, atas dugaan mengirimkan surat beracun yang ditujukan untuk Trump.

Identitas tersangka tidak diungkap ke publik, namun dua sumber menyebut tersangka berkewarganegaraan ganda Kanada dan Prancis. Tersangka akan dihadirkan dalam sidang di pengadilan federal di Distrik Barat New York pada Selasa (22/9) sore waktu setempat.

"Kami meyakini total enam surat telah dikirimkan, satu ke Gedung Putih dan lima ke Texas," ungkap salah satu pejabat Kepolisian Kanada (RCMP), Charles Poirier, dalam pernyataannya.

Hal itu diungkapkan Poirier saat mengawasi penggerebekan di apartemen tersangka. "Kami tidak bisa memastikan bahwa tersangka tinggal di sana (apartemen-red), tapi itu terkait dengannya," imbuhnya.

Poirier tidak menyebut lebih lanjut lima surat lainnya ditujukan kepada siapa saja di Texas. Namun Departemen Kepolisian di Mission, Texas, menuturkan bahwa pekan lalu pihaknya menerima surat mencurigakan. Juru bicara Kepolisian Mission, Art Flores, menyatakan pihaknya tidak membuka surat itu dan langsung menyerahkannya kepada Biro Investigasi Federal (FBI).

Flores juga menyebut bahwa Kepolisian Mission pernah menangkap wanita yang sama dengan yang kini ditahan di Buffalo, New York. Wanita itu ditangkap tahun 2019 lalu namun Flores tidak menyebut delik pidana yang menjerat wanita itu.

Secara terpisah, sumber penegak hukum AS menuturkan kepada Reuters bahwa FBI juga sedang menyelidiki sejumlah surat mengandung racun risin yang dikirimkan ke kantor penegak hukum dan fasilitas penahanan di Texas bagian selatan.

Sementara laporan Associated Press menyebut bahwa surat beracun itu juga dikirimkan ke kantor penegak hukum di Rio Grande Valley di Texas bagian selatan dan ke kantor Sheriff Hidalgo County di Texas.

Sejauh ini, menurut sumber tersebut, penyidik tidak menemukan ada keterkaitan tersangka dengan kelompok politik maupun teroris. Motif tersangka mengirimkan surat-surat beracun itu masih belum diketahui. RCMP menegaskan bahwa tim khusus Kimia, Biologis, Radiologis, Nuklir dan Bahan Peledak memimpin penyelidikan. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]