Solok Selatan Raih Penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani


Selasa, 22 September 2020 - 15:50:14 WIB
Solok Selatan Raih Penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Plt Bupati Solsel Abdul Rahman dan Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda Memperlihatkan Berita Acara LHP didampingi Sekda Yulian Efi.

HARIANHALUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani. Penghargaan Menkeu ini berkat capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan tahun 2019.

Penghargaan itu disampaikan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2020 yang selenggarakan secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman

 

Sri Mulyani dalam pidatonya saat membuka acara Rakernas mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang telah berkomitmen menjalankan tata kelola keuangan yang baik. 

Ia menjelaskan, sebanyak 486 pemerintah daerah meraih opini WTP atas laporan keuangan tahun 2019. Capaian ini katanya, meningkatkan sebanyak 7,9 persen dibandingkan capaian di tahun 2018. 

Plt Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fidel Efendi saat Rakernas Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2020 yang selenggarakan secara virtual, Selasa (22/9/2020).

 

“34 Pemerintah Provinsi, 87 Pemerintah Kota, dan 365 pemerintah kabupaten yang menerima opini WTP tahun 2019, alhamdulillah meningkat 7,9 persen dibandingkan pada tahun 2018,” ungkapnya. 

Ia sangat menghargai pemerintah daerah yang meraih opini tertinggi dari BPK itu. 

Ia berharap, capaian tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan, sebagai salah satu bukti komitmen pemerintah daerah menjaklankan tata kelola keuangan negara yang baik. 

Ia juga menyampaikan pesan khusus kepada pemerintah daerah atau kementerian dan lembaga yang belum meraih opini WTP, ia berharap agar terus melakukan langkah-langkah efektif dan terukur dalam menyelesaikan temuan dan menindaklanjuti temuan BPK secara sungguh-sungguh sehingga bisa meraih opini WTP atas laporan keuangan di tahun 2020. 

Pemkab Solsel saat menyaksikan Rakernas Akuntasi dan pelaporan keuangan 2020 secara virtual.

Pemkab Solsel saat menyaksikan Rakernas Akuntasi dan pelaporan keuangan 2020 secara virtual.

 

Sementara itu, Plt Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fidel Efendi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada menteri keuangan yang telah memberikan penghargaan kepada pemkab Solsel. 

Menurutnya, penghargaan atas capaian WTP ini akan dijadikan motivasi positif untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah yang lebih baik lagi kedepannya. 

“Terima kasih ibu menteri, dan apresiasi kami juga untuk seluruh stackholder, sehingga pemkab solsel mampu meraih opini WTP untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut,” ungkapnya. (Adv)

loading...
 Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]