Pilkada Tetap Jalan, Apakah DPR dan Pemerintah Lawan Perppu?


Selasa, 22 September 2020 - 18:54:53 WIB
Pilkada Tetap Jalan, Apakah DPR dan Pemerintah Lawan Perppu? ilustrasi Pilkada serentak

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah, DPR, Komisi Pemilihan Umum (KPU), nekat menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 digelar 9 Desember 2020. Sejumlah ormas dan tokoh masyarakat khawatir pilkada menjadi klaster baru penyebaran virus korona. Sampai saat ini belum ada jaminan dari Pemerintah dapat mengendalikan penyebaran Covid-19. 

Sementara, Pemerintah pun tidak bisa menjamin kesehatan dan keselamatan pemilih, petugas dalam pemilihan dan juga calon kepala daerah. Pemungutan suara serentak pada bulan Desember 2020 ditunda dan dijadwalkan kembali apabila tidak dapat dilaksanakan karena bencana nasional pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) belum berakhir, demikian bunyi Pasal 201A Ayat (3) dalam Perppu Nomor 2 Tahun 2020.

Mereka percaya diri bahwa Pilkada serentak tidak akan memperparah kondisi pandemi di Indonesia, selama tahapannya dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan sanksi bagi para pelanggar. Namun, Masalah pandemi Covid-19 harus menjadi prioritas yang harus ditangani oleh Pemerintah saat ini. 

PBNU sendiri meminta agar anggaran Pilkada Serentak 2020 dapat direalokasikan untuk penanganan krisis kesehatan dan penguatan jaring pengaman sosial. Begitu dengan Muhammadiyah. Mereka mendesak Pemerintah untuk mengutamakan unsur kemanusiaan dengan menunda pelaksanaan Pilkada. Keselamatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 harus menjadi prioritas Pemerintah dalam menentukan kebijakan politis.

Selain itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyerukan agar Pilkada Serentak 2020 tidak dipaksakan berlangsung selama pandemi belum berakhir. Selama vaksin belum ditemukan, segala kegiatan yang melibatkan kerumunan massa seperti pilkada harus ditunda pelaksanaannya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]