Ubi Kayu Jadi Komoditas Strategis Nasional


Rabu, 23 September 2020 - 12:13:20 WIB
Ubi Kayu Jadi Komoditas Strategis Nasional Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Selama ini masyarakat lebih banyak mengenal gula yang berasal dari nira tebu. Padahal banyak sumber bahan lain yang bisa diolah untuk menghasilkan gula. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) Balitbangtan telah mengembangkan teknologi untuk menghasilkan gula cair dari ubi kayu/singkong.

Kepala BB Pascapanen Prayudi Samsuri mengatakan, dalam mengembangkan suatu inovasi teknologi, BB Pascapanen selalu melihat pohon industri dari komoditas pertanian. Jika hanya fokus mengolah singkongnya, maka hanya 20% dari tanaman singkong yang dimanfaatkan.

“Dengan pohon industri kita coba sama-sama kembangkan sehingga kita bisa memberi nilai tambah dari suatu komoditas,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Rabu (23/9/2020).

Sebelumnya, Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menyebut bahwa singkong atau ubi kayu merupakan komoditas pangan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, terutama disebabkan karena tingginya permintaan akan tapioka.

“Oleh karenanya selain padi, jagung, dan kedelai, ke depan ubi kayu bisa menjadi komoditas strategis nasional,” ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 20:56:51 WIB

    Bos Mitsubishi Mundur, Ternyata Ini Penyebabnya

    Bos Mitsubishi Mundur, Ternyata Ini Penyebabnya HARIANHALUAN.COM - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan Osamu Masuko mundur dari jabatan sebagai ketua dewan dan pejabat eksekutif. Menurut MMC, Masuko mundur karena masalah kesehatan..
  • Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:55:13 WIB

    PT Suka Fajar Manjakan Konsumen Mitshubishi di Solok

    PT Suka Fajar Manjakan Konsumen Mitshubishi di Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM- PT Suka Fajar Cabang Solok memanjakan relasi bisnisnya dengan mengadakan family gathering di sebuah rumah makan di jalan Hamka Kota Solok Jumat malam (23/8). Acara yang dikemas dalam bentuk Gebyar Wir.
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 15:51:54 WIB

    Ubi Kayu Kubang Jadi Varietas Unggul

    Ubi Kayu Kubang Jadi Varietas Unggul SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Dua Varietas ubi kayu lokal Sawahlunto, yakni ubi merah Kubang dan ubi putih Kubang resmi terdaftar sebagai varietas ubi unggul di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Ke.
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 02:17:03 WIB

    Kubik Koffie, Bisnis yang Ditunjang Gaya Hidup Urban

    Kubik Koffie, Bisnis yang Ditunjang Gaya Hidup Urban PADANG, HALUAN — Pada dasarnya, Kubik Koffie didirikan karena hobi pe­miliknya yang merupakan penikmat kopi. Dari sisi bisnis, kedai kopi tersebut dibangun karena melihat pasar penikmat kopi di Pa­dang yang muncul atas do.
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:03:54 WIB
    Titin Sumarni, Pengusaha Keripik

    Dari 50 Kg Ubi, Kini Beromzet Rp8 Juta Per Hari

    Dari 50 Kg Ubi, Kini Beromzet Rp8 Juta Per Hari Nasib membuat Titin Sumarni timbul tenggelam menjalani kehidupan. Dari kampung ke rantau, bali lagi ke kampung, nasib melemparkannya ke sana ke mari. Namun, ia percaya nasib baik akan berpihak kepadanya..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]