Covid-19 Menggila, PBNU: Selama Belum Bisa Lakukan Protokol Kesehatan Ketat, Pilkada Harus Ditunda


Rabu, 23 September 2020 - 13:10:20 WIB
Covid-19 Menggila, PBNU: Selama Belum Bisa Lakukan Protokol Kesehatan Ketat, Pilkada Harus Ditunda Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini.

HARIANHALUAN.COM - Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menegaskan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah akan tetap dilaksanakan meski pandemi virus Corona belum berakhir. Artinya, Pilkada Serentak 2020 tidak akan ditunda dan tetap diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Katanya, pelaksanaan tahapan pilkada harus diiringi dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggaraan Pilkada juga perlu disertai dengan penegakkan hukum dan sanksi tegas. Pada diskusi Indonesia Lawyers Club pada Selasa (22/9/2020) dengan tema "Pilkada, Kenapa Takut?", Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini mengatakan keberatannya.

"Dari kasus perhari yang mencapai 4000 lebih dan tahapan Pemilu juga terdapat paslon yang positif Covid-19 tapi masih melakukan deklarasi maka PBNU memiliki satu pertimbangan yaitu dengan menjaga keselamatan jiwa," katanya.

Ia juga menerangkan, jika Pilkada tetap akan digelar tanggal 9 Desember mendatang di saat tingkat kedisiplinan masyarakat mengenai protokol kesehatan yang sangat rendah maka akan menjadi pemicu terciptanya klaster demokrasi baru.

"Nantinya penyebaran virus Corona ini akan semakin menggila. Maka sebelum itu terjadi PBNU memiliki satu imbauan agar selama belum bisa dilakukan protokol kesehatan yang ketat, pilkada harus ditunda," tegasnya.

Menurutnya, jika Pilkada tetap harus digelar maka harus memiliki satu komitmen yang kuat dalam menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Helmy menuturkan memang Pilkada menjadi wujud dari demokrasi tapi hendaknya dapat memprioritaskan keselatan setiap nyawa.

"Di kesempatan ini saya ingin menyampaikan dengan masih adanya kelonggaran untuk berpikir ulang. Kita harus menyadari situasi yang dihadapi saat ini tidak normal. Yang terpenting adalah keselamat jiwa," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]