30 Pelaku UMKM Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Berjualan Secara Online


Rabu, 23 September 2020 - 16:47:59 WIB
30 Pelaku UMKM Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Berjualan Secara Online Pembukaan pelatihan pemasaran produk UKM secara online oleh Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tiga puluh pelaku usaha kecil menengah di Kota Pariaman diberi pelatihan oleh Pemko Pariaman untuk menjual produk yang dihasilkanya secara daring.

"Pemasaran selain konvensional, juga harus via internet, sehingga jangkauanya  lebih luas," kata Wakil Wali Kota Pariaman usai membuka kegiatan pelatihan di gedung Saiyo Sakato di dekat lapangan Merdeka Pariaman, Rabu (23/9-2020).

Berdagang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui internet sudah zamanya pula, jadi pelaku usaha harus mahir memanfaatkanya, agar penjualan produk yang dihasilkanya bertambah lancar.  Pelaku usaha kecil menengah harus memacu diri dalam hal tersebut, sehingga kemajuan IT benar-benar termanfaatkan secara maksimal, kata Mardison Mahyuddin.

Pandemi  Covid -19 saat ini, berdampak banyak terhadap penjualan produk UKM jadi pelaku usaha hendaknya dapat menyesuaikan pemasaran produknya bersama kemajuan IT. Teruslah pacu diri dengan peningkatan SDM sehingga kemajuan IT termasuk secara maksimal untuk kemajuan usaha yang dilakoni.

"Ikuti pelatihan secara sungguh-sungguh sehingga setelah pelatihan apa yang menjadi impian dapat diraih dalam pemasaran produk yang dihasilkan UKM di kota ini," kata wakil wali kota tersebut.

Menurut Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, terdapat 7.839 usaha kecil menengah di daerah ini terdampak pandemi COVID-19 saat ini. Sementara 1.040 usaha kecil  menengah betul-betul terdampak, sehingga usaha yang dijalankan kadang hidup kadang mati, artinya kadang jalan kadang tidak.

Terhadap pelaku usaha yang usahanya timbul tenggelam karena terdampak pandemi Covid-19, terus di semangati dan diharapkan usahanya menjadi stabil dan berkembang kembali.   "Semoga pelatihan yang diberikan benar-benar bermanfaat untuk kemajuan UKM di kota ini," kata Gusniyeti Zaunit.

Pelatihan berlangsung tiga hari kedepan, mulai Rabu ini, dengan materi tehnik pengambilan foto terhadap produk UKM yang akan dijual secara online dan motovasi bisnis. (*)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]