Majukan Pendidikan, Pemkab Dharmasraya dan Warga Hibahkan Aset untuk Kampus III Unand


Rabu, 23 September 2020 - 19:19:08 WIB
Majukan Pendidikan, Pemkab Dharmasraya dan Warga Hibahkan Aset untuk Kampus III Unand Munir dan Bupati Sutan Riska menyerahkan dokumen hibah tanah seluar 2,6 hektar kepada Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri di Komplek Kampus III Unand Dharmasraya.

HARIANHALUAN.COM - Satu tekad memajukan pendidikan berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya beserta masyarakat setempat sepakat menghibahkan aset bernilai miliaran rupiah untuk pengembangan bangunan Kampus III Universitas Andalas (Unand) yang berada di daerah itu. 

Pantauan HarianHaluan.Com, setelah Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghibahkan aset tetap senilai Rp 9,48 miliar pada 16 Oktober 2019, kali ini Perguruan Tinggi nomor satu di Sumatera itu kembali mendapatkan dukungan dari warga Dharmasraya, H. Munir, yang menghibahkan tanahnya seluas 2,6 Hektar, Rabu (23/9).

Penyerahan hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen hibah Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, selaku kuasa penerima hibah dan disaksikan oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan di Gedung Kampus III Unand Dharmasraya.

"Kita merasa bersyukur ada tokoh masyarakat yang secara ikhlas menghibahkan tanahnya seluas 2,6 hektar untuk mendukung pengembangan komplek bangunan kampus ini, mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah bagi beliau hendaknya," ujar Bupati Sutan Riska, disela sela kegiatan tersebut

Bupati menambahkan, pada 16 Oktober 2019 Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga telah menghibahkan aset tetap yang terdiri dari tanah, peralatan mesin, bangunan gedung, jaringan irigasi dan jalan. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga memberikan porsi anggaran setiap tahunnya untuk mendukung biaya operasional proses belajar mengajar, yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. 

Hal ini, lanjut bupati, tentu membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Dharmasraya beserta segenap masyarakat sangat peduli kepada dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di wilayah Kabupaten Dharmasraya. 

"Harapan kami, kiranya aset-aset yang telah dihibahkan tersebut dapat dimanfaatkan dan dipelihara untuk menunjang kegiatan operasional pendidikan di Kampus III Unand. Serta menjadikannya sebagai motivasi untuk mengembangkan program studi lainnya," pungkas bupati. 

Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Sutan Riska dan kepada H.Munir yang telah begitu peduli terhadap pengembangan Kampus III Unand, dalam rangka peningkatan SDM di Dharmasraya. 

Menurutnya, dengan potensi daerah yang dimiliki Dharmasraya, serta dengan berbagai program pembangunan yang terus berjalan, memang menuntut peningkatan SDM.

"Kita akan segera upayakan penambahan program study di Kampus III Unand, untuk bidang ekonomi dan hukum. Sekarang ini kami telah membentuk tim untuk pengembangan Kampus II di Payakumbuh dan Kampus III di Dharmasraya. Sehingga rencana pengembangan bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya. 

Sebelumnya, Rektor Unand kala itu, Prof. Tafdil Husni saat menerima hibah dari Pemkab Dharmasraya kala itu, mengapresiasi komitmen Pemkab Dharmasraya untuk kemajuan pendidikan melalui wadah Kampus Universitas Andalas.

“Bupati Dharmasraya telah merespon harapan dan keinginan kami. Terima kasih kami ucapkan, sudah memberikan dukungan terhadap keberadaan kampus III Unand di Dharmasraya. Semoga kampus ini ke depan semakin maju dan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan SDM di daerah ini,” katanya

Menurutnya, karena bantuan Pemkab, Kampus III secara bertahap menjadi lebih baik. Seperti halnya yang ada dalam Memorandum of Understanding (MoU), akan lebih memfokuskan segala bidang, baik itu kebudayaan, karena Dharmasraya kaya akan Budaya, kemudian lebih mengembangkan kerjasama sektor pertanian. (*)

 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 10:11:37 WIB

    Siap-siap, Pengumuman SBMPTN Dimajukan

    Siap-siap, Pengumuman SBMPTN Dimajukan HARIANHALUAN.COM - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dimajukan menjadi 14 Agustus 2020 dari yang sebelumnya dijadwalkan pada 20 Agustus..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 15:40:15 WIB

    Dies Natalis XLVIII AKBP dan Lustrum VII STIE KBP, Momentum Memajukan Pendidikan

    Dies Natalis XLVIII AKBP dan Lustrum VII STIE KBP, Momentum Memajukan Pendidikan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dies Natalis ke XLVIII AKBP dan Lustrum ke VII STIE “KBP” yang jatuh pada hari Senin, 9 Maret 2020 resmi dibuka. Rangkaian panjang peringatan Dies Natalis Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional .
  • Ahad, 11 Februari 2018 - 20:22:51 WIB

    Iluni MTsN Padang Panjang Siap Bangun Sinergi Majukan Almamater

    Iluni MTsN Padang Panjang Siap Bangun Sinergi Majukan Almamater PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Dewan Pengurus Ikatan Alumni (Iluni) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Panjang bertekat akan membangun sinergi dan menjadi organisasi yang menjembatani Alumni dengan pihak MTsN sebaga.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]