Fenomena Hujan Es Terjadi di Bogor


Rabu, 23 September 2020 - 21:14:02 WIB
Fenomena Hujan Es Terjadi di Bogor Warga menunjukkan butiran es saat Hujan es di daerah Bogor, Rabu, 23 September 2020. Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Fenomena hujan es terjadi di Bogor, Rabu (23/9). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs webnya telah memberi peringatan dini cuaca untuk wilayah Jawa Barat hari ini, Rabu 23 September 2020. Masuk dalam peringatan dini itu adalah wilayah Bogor dan Kota Bogor yang sore ini mengalami hujan lebat disertai angin kencang, juga hujan es.

Peringatan dini memang berisi pernyataan kewaspadaan untuk cuaca hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang, kilat atau petir pada siang/sore hingga menjelang malam. Di wilayah Jawa Barat, peringatan dini cuaca itu ditujukan BMKG juga untuk wilayah Bekasi, Kota Bekasi, Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung Barat, Bandung, Kota Bandung, Garuu, Majalengka dan Sumedang.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan sehari sebelumnya, BMKG menjelaskan kalau selama September-Oktober ini periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke hujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia. Itu artinya kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

"Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es," kata BMKG memperingatkan.

BMKG memprediksikan cuaca ekstrem itu masih mungkin terjadi dalam periode sepekan ke depan, termasuk di wilayah Jawa Barat. Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.Id /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 12:38:07 WIB

    Fenomena Astronomi Juni: Ada Gerhana Matahari Cincin

    Fenomena Astronomi Juni: Ada Gerhana Matahari Cincin HARIANHALUAN.COM - Bulan berganti, sejumlah fenomena astronomi masih akan 'menghibur' manusia di Bumi. Setelah Mei lalu diwarnai peristiwa komet dan hujan meteor, pada Juni ini giliran gerhana matahari cincin bisa 'dinikmati'.
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 17:56:37 WIB

    Fenomena Panas di Rumah Warga, Dinas ESDM: Bisa Jadi Itu Kabel Putus

    Fenomena Panas di Rumah Warga, Dinas ESDM: Bisa Jadi Itu Kabel Putus PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Fenomena panas yang terjadi di lantai rumah warga belum bisa dipastikan jika hal tersebut karena adanya panas bumi atau peristiwa alam. Pihak dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar.
  • Sabtu, 01 Februari 2020 - 23:38:31 WIB

    Heboh Fenomena Kerajaan Fiktif, Kesbangpol Kota Solok: Ayo Kenali Ciri-cirinya

    Heboh Fenomena Kerajaan Fiktif,  Kesbangpol Kota Solok: Ayo  Kenali Ciri-cirinya SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Fenomena munculnya kelompok atau kerajaan fiktif  di sejumlah daerah di Indonesia menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Pemerintah, dan warga berperan aktif mencegah terjadinya  gejolak sosia.
  • Jumat, 29 November 2019 - 21:20:45 WIB

    Fenomena 200 Hari Tanpa Hujan, Begini Penjelasan BMKG

    Fenomena 200 Hari Tanpa Hujan, Begini Penjelasan BMKG JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Sub Bidang Analisis dan Informasi Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Adi Ripaldi menjelaskan perihal beberapa daerah di Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa T.
  • Jumat, 22 November 2019 - 14:12:26 WIB

    Fenomena Tanah Abang Sepi, Satu Lagi Bukti Ekonomi Lesu Nih

    Fenomena Tanah Abang Sepi, Satu Lagi Bukti Ekonomi Lesu Nih JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Cerita berdesak-desakan saat berbelanja di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat seolah kisah usang masa lalu. Kini, melangkah di pasar Tanah Abang relatif lebih lengang..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]