Anda Sering Menerima SMS Spam? Ini Cara untuk Melaporkannya


Kamis, 24 September 2020 - 07:11:06 WIB
Anda Sering Menerima SMS Spam? Ini Cara untuk Melaporkannya ilustrasi SMS spam

HARIANHALUAN.COM - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengungkapkan pihaknya kesulitan untuk membendung pengiriman SMS spam apabila nomor tersebut berasal dari nomor perseorangan, bukan dari operator seluler.

"Selain SMS yang pengirimnya adalah operator seluler, memang akan sulit mencegah orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengirim SMS-SMS yang diindikasikan penipuan dan sebagainya," ujar Komisioner BRTI I Ketut Prihadi Kresna.

Kendati begitu, BRTI telah menyediakan layanan aduan yang bisa dimanfaatkan masyarakat apabila mereka menerima SMS spam, baik itu yang mengindikasikan penipuan, penawaran modal usaha, investasi atau lainnya yang bersifat mengganggu, salah satunya lewat akun Twitter @aduanBRTI.

"Pelanggan bisa mengadukan SMS-SMS seperti itu, untuk kemudian kami blok nomor SMS pengirimnya. Layanan pengaduan ini sudah tersedia sejak 2018. Layanan SMS seperti ini bisa dilakukan oleh siapa pun, karena nomor-nomor HP bisa dikirim acak saja," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, berikut cara melaporkan SMS spam yang bisa dilakukan masyarakat:

  1. Tak hanya SMS spam, BRTI juga menerima aduan panggilan telepon spam yang tidak dikehendaki pelanggan.
  2. Kirim rekaman percakapan atau capture (screenshot) pesan dan nomor telepon pemanggil atau pengirim spam, serta nomor telepon kalian yang telah teregistrasi yang divalidasi nomor KK dan nomor NIK.
  3. Kirim bukti-bukti tersebut ke akun Twitter BRTI @aduanBRTI. Kalian bisa nge-tweet lewat Direct Message (DM) agar lebih privasi. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Oktober 2020 - 06:02:56 WIB

    Anda Pengguna iPhone? 12 Fakta Menarik Ini Wajib Diketahui

    Anda Pengguna iPhone? 12 Fakta Menarik Ini Wajib Diketahui HARIANHALUAN.COM - iPhone sudah lama beredar, tapi sampai sekarang masih diidamkan banyak orang. Bagi mereka yang memilikinya atau berencana, berikut beberapa fakta menarik soal iPhone yang dirangkum detikINET dari berbagai s.
  • Ahad, 27 September 2020 - 11:16:35 WIB

    WhatsApp Dibajak, Akun Mobile Banking Anda Terancam?

    WhatsApp Dibajak, Akun Mobile Banking Anda Terancam? HARIANHALUAN.COM – Kasus peretasan akun WhatsApp bisa menimpa siapa saja apabila pengguna belum mengetahui trik pelaku di dalam mencuri data pribadi atau nomor OTP WhatsApp..
  • Jumat, 04 September 2020 - 16:34:37 WIB

    Simcard Anda Mati? Hati-hati, Bahaya Ini Intai Pengguna Mobile Banking

    Simcard Anda Mati? Hati-hati, Bahaya Ini Intai Pengguna Mobile Banking HARIANHALUAN.COM - Pembobolan rekening melalui mobile banking masih kerap terjadi di Indonesia. Modus yang digunakan beragam, mulai dari pencurian kode one time password (OTP) hingga lengahnya pengguna yang tak sadar jika nom.
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 08:28:21 WIB

    Gawat! Ternyata, Ada Bug di Gmail Bisa Palsukan Email Anda

    Gawat! Ternyata, Ada Bug di Gmail Bisa Palsukan Email Anda HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang mungkin mengira bahwa platform seperti Google Gmail akan memiliki banyak perlindungan terhadap peretasan. Namun pada kenyataannya, celah keamanan masih saja ada. Dikutip dari The Next Web, Ra.
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 10:58:07 WIB

    Pakai HP China? Hati-hati, Uang Anda Bisa Hilang Diam-diam

    Pakai HP China? Hati-hati, Uang Anda Bisa Hilang Diam-diam HARIANHALUAN.COM - Ponsel China merek Tecno yang dibuat Transsion dilaporkan mencuri uang penggunanya secara diam-diam. Ini karena ponsel murah ini memiliki virus jahat malware yang terpasang secara pre-install..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]