Asrama Putra MTI Kapau Terbakar, Para Santri Menangis


Kamis, 24 September 2020 - 09:53:32 WIB
Asrama Putra MTI Kapau Terbakar, Para Santri Menangis Asrama Putra milik MTI Kapau terbakar, Kamis (24/9). Yursil.

HARIANHALUAN.COM - Musibah kebakaran kembali terjadi, kali ini asrama putra Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau di Jorong Koto Panjang, Nagari Kapau, Kecamatan Tilarang Kamang, Kabupaten Agam, tepatnya persis di depan Pasar Kapau, Kamis (24/9/2020) sekitar pukul 07,00 WIB. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. 

Musibah kebakaran begitu cepat sehingga tidak ada barang milik penghuni asrama yang bisa diselamatkan. Pembina Asrama Putra, Makrifatullah (37) mengatakan, peristiwa kebakaran itu diketahuinya dari teriakkan anak anak di sekolah yang berjarak sekitar 100 meter dari asrama. Melihat api telah membesar, anak anak menangis dan berteriak. 

"Kemudian saya berlari ke gedung asrama tapi apinya telah membesar. Saya tidak mengetahui dari sumber api," kata Makrifatullah kepada harianhaluan.com  di TKP.

Dia menjelaskan, asrama yang terbakar itu, berada di lantai II yang terdiri dari 5 kamar dan satu Musala. Asrama putra tersebut dihuni sebanyak 30 orang siswa. "Saat kejadian, asrama dalam kondisi kosong karena anak anak telah berangkat ke sekolah. Tidak ada perlengkapan sekolah anak anak yang bisa diselamatkan," ulasnya.

Salah seorang penghuni asrama, Edi terlihat menangis melihat barang miliknya tidak bisa diselamatkan. "Tidak ada barang milik saya yang terselamatkan. Pakaian, buku buku perlengkapan sekolah terbakar semuanya. Saat kejadian saya telah berangkat ke sekolah," katanya mengaku berasal dari Pesisir Selatan.

Pantauan di lokasi kejadian, terlihat sekelompok anak anak asrama menangis dan menjadi perhatian warga. Sebagian warga ikut merasakan kesedihan itu dan berusaha menghibur anak anak. Selain menghanguskan lantai II, 2 kamar di lantai I juga ikut terbakar. Sedangkan, kantor PKK Kapau dan kantor BMT bisa terselamatkan.

Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian dengan dibantu tiga armada Damkar dari Kabupaten Agam, dua armada Damkar dari Kota Bukittinggi dan satu unit armada Damkar dari Kota Padang Panjang. (*)

loading...
Reporter : Yursil Masri /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]