Mengerikan! 7.411 Tertular Covid-19 dari Klaster Keluarga


Kamis, 24 September 2020 - 14:34:44 WIB
Mengerikan! 7.411 Tertular Covid-19 dari Klaster Keluarga Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menemukan ada 1.515 klaster keluarga dengan kasus positif COvid-19 sebanyak 7.411 orang hingga data 12 September 2020.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aisyah menjelaskan bahwa klaster keluarga tersebut awalnya berawal dari 1 orang anggota keluarga yang tertular Covid-19 di luar rumah. Jumlah totalnya ada 1.515 indeks kasus, atau kasus awalan.

"Penularan awal bisa dari bapak, ibu, anak, pembantu dan lain sebagainya," ujar Dewi, Rabu (23/9/2020).

Para carrier virus tersebut, tuturnya, lalu menulari anggita keluarganya. Tak main-main total yang ketularan mencapai 5.896 orang atau hampir 4 kali lipat dari indeks kasus awal. "Totalnya ada 7.411 orang positif di klaster keluarga," ujarnya.

Dokter Lula Kamal yang hadir dalam talk show tersebut mengatakan klaster keluarga adalah sesuatu yang menyeramkan. Pasalnya, banyak orang tidak menerapkan 3M di rumah, terutama memakai masker.

"Ini menyeramkan karena umumnya orang tidak pakai masker di rumah," ujarnya.

Untuk itu, Dewi mengatakan bahwa pencegahan penularan Covid-19 di keluarga harus menjadi fokus dari setiap orang. "Sebisa mungkin tidak keluar rumah. Bila terpaksa keluar rumah lakukan 3M, memakasi masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujarnya.

Selanjutnya, tutur dia, sesampai di rumah maka harus langsung mandi. "Jangan kumpul dengan keluarga sebelum mandi," ujarnya.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]