Ini Daftar Rinci Nomor Urut Paslon Pilgub Sumbar 2020


Kamis, 24 September 2020 - 16:13:31 WIB
Ini Daftar Rinci Nomor Urut Paslon Pilgub Sumbar 2020 Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Melalui rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tetapkan nomor empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Penetapan nomor urut tersebut digelar di Grand Inna Muara Hotel Padang, Kamis (24/9/2020).

Pantauan yang dirangkum harianhaluan.com, dalam papan pengumuman, rapat pleno dilaksanakan secara terbuka, namun faktanya seluruh pendukung yang mendampingi keempat pasangan calon tidak diperkenankan memasuki salah satu  ruang hotel yang dijadikan tempat pelaksanaan rapat pleno.

Dengan tidak diperbolehkannya memasuki ruangan, maka sejumlah awak media yang melakukan peliputan, juga tidak juga bisa menyaksikan secara langsung prosesi pencabutan nomor oleh keempat pasangan calon tersebut.

Selain itu, terlihat personil dari kepolisian juga melakukan penjagaan dan pengamanan prosesi pencabutan nomor urut, agar berjalan kondusif dan tetap menghidari kerumunan serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian penetapan nomor urut dan daftar pasangan calon peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar tahun 2020,  dengan keputusan KPU Sumbar nomor 64/PL.02.3/Kpt/13/KPU/Prov/IX/2020.

Rapat pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen didampingi anggota dan Komisioner kordinator divisi masing-masing yakni, Izwaryani,Gebril Daulai, Nova Indra dan Yanuk Sri Mulyani, serta sekrtaris Firman.

Selain itu, juga hadir stakeholder seperti Bawaslu beserta para Kabag, kasubag dan semua yang terkait dalam penyelenggaraan. Kemudian berdasarkan surat keputusan KPU tersebut, maka dilakukan pencabutan nomor oleh masing-masing paslon.

Adapaun hasil pencabutan nomor urut sebagai berikut:

1. Nomor urut 1: Ir. H. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni

2. Nomor urut 2: Drs. H. Nasrul Abit dan Dr. Ir. H. Indra Catri, M.T

3. Nomor urut 3: Irjend. Pol. Drs. H. Fakhrizal. M.Hum dan Dr. H. Genius Umar. S.Sos, M.S

4. Nomor urut 4: H. Mahyeldi. SP dan Ir. Audy Joinaldy, SPt, MM, IPM, ASEAN.Eng.

"Dengan telah ditetapkan sebagai pasangan calon dan telah mendapat nomor urut, maka semua calon serta tim pemenangan, baik parpol dan non-parpol wajib mengikuti aturan berlaku pada tahapan pilkada berikutnya," sebut Ketua KPU Sumbar, Amnasmen.

Jika terjadi pelanggaran, kata dia, maka resiko akan ditanggung para calon dan resiko paling beratnya yakni bisa dicoret dari pencalonan, sesuai kadar kesalah dalam pelanggaran aturan.

"Untuk tahapan berikutnya, masing-masing pasangan supaya bisa mengikuti aturan semua tahapan kedepan, baik kampanye maupun komentar dimedia massa maupunmedia sosial lainnya," tandasnya.(*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]